Monday, 11 December 2017

Pejabat Dishub Kota Cirebon Kena OTT Tim Saber Pungli

Jumat, 23 Desember 2016 — 14:54 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

CIREBON (Pos Kota) – Kepala seksi pengujian di lingkungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon bernama Rud terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakulan oleh tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Jawa Barat. PNS satu ini ditangkap di kantornya UPTD PKB Kota Cirebon.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, RudĀ  diduga menetima uang untuk pengurusan perpanjangan buku Kir yang tidak sesuai dengan semestinya atau tidak prosedur. “Sejumlah barang bukti sudah disita dan saat ini lagi tetus dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan,” tegasnya.

Barang bukti yang disita diantaranya uang tunai sebesar Rp 1,2 juta, tujuh buah buku Kir tanpa prosedur dan satu KTA atas nama Rud.

Dijelaskan, modus yang dilakukan yakni, Rud dengan posisi jabatan sebagai kepala seksi, telah melegalkan atau mengesahkan proses perpanjangan buku Kir tanpa harus membawa mobil untuk dilakukan pemeriksaan atau pengujian fisik kendaraan di kantor. “Prosedurnya khan kendaraan harus dibawa untuk dilakukan pengecekan, tapi ini tidak dilakukan,” tegasnya.

Dan untuk memuluskan pengujian yang tidak melalui prosedur itu, Rud tentu meminta sejumlah uang. Untuk satu kendaraan Rud meminta Rp 320.000, padahal biaya resminya Rp 66.000 dan dalam satu hari PNS ini bisa memasukan kendaraan antara 10-25 kendaraan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cirebon Atang Dahlan Hasan saat akan dilakukan konfirmasi terkait ulah anak buahnya tersebut mendadak susah ditemui. “Bapak lagi di luar,” kata pegawai di kantornya.

(darman/sir)