Sunday, 22 October 2017

Indonesia-Jepang Teruskan KA Cepat Jkt-SBY

Kamis, 29 Desember 2016 — 20:06 WIB
jkt-sby

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang sepakat melanjutkan kerjasama pembangunan kereta api Jakarta (JKT) – Surabaya (SBY). Jepang juga akan mengerjakan pembangunan Pelabuhan Patimban serta proyek infrastruktur transportasi lainnya.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Keiichi Ishii di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (29/12).

Keiichi menyatakan kedua negara akan memberikan hasil yang membanggakan sehingga sepakat untuk melanjutkan kerjasama proyek transportasi tersebut. Seperti diketahui, Pemerintah tengah merencanakan pembangunan pelabuhan Patimban, Jawa Barat yang pembangunannya akan menggunakan pinjaman lunak dari Pemerintah Jepang melalui JICA.

Sedangkan proyek Kereta Api Semi Cepat Jakarta- Surabaya, Menhub Budi menyatakan bahwa Indonesia akan bekerja sama dengan Jepang yang sudah menawarkan beberapa bentuk bantuan misalnya dalam hal feasibility study.

Proyek pembangunan kereta api jalur Jakarta – Surabaya kecepatannya direncanakan mencapai 160 km/jam. “Kami sangat berterima kasih kepada Jepang karena ini sangat berarti untuk kita,” ujat Menhub Budi. (dwi/us)