Tuesday, 18 September 2018

Meneg BUMN Tandatangani 9 Proyek PMN Pelindo IV

Kamis, 29 Desember 2016 — 11:25 WIB
Proyek PMN Pelindo IV

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri BUMN Rini M. Soemarno menandatangani 9 proyek Penyertaan Modal Negara (PMN) di lingkungan PT Pelindo IV serta melakukan pemancangan perdana proyek pembangunan Dermaga Petikemas dan Reklamasi Pelabuhan Bitung.

Rini yang didampingi Dirut Pelindo IV Doso Agung melihat sejumlah rencana investasi yang diaktualisasikan dalam bentuk maket proyek-proyek yang ada di lingkungan PT Pelindo IV, yaitu di Bitung, Kendari, Tarakan, Ambon, Ternate, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Sorong.

Selain itu, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga meninjau lokasi proyek Accesibility KEK – IHP Elevated Road atau jalan layang sepanjang 9,5 km serta meninjau langsung lokasi KEK Bitung yang memiliki luas 534 hektare.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV (Persero) Baharuddin M dalam siaran persnya yang dikirim ke Poskota menyebutkan Pelabuhan Bitung masuk dalam Grand Design International Hub Port (IHP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) 2035, yaitu Bitung International Hub Port dan Daerah Pendukung Kepelabuhanan yang berkapasitas 3 juta TEUs,” kata Baharuddin.

Pelabuhan Manado yang berlokasi di pusat Kota Manado, terletak di bawah dan sekitar Jembatan Soekarno dan menjadi ikon Kota Manado karena merupakan infrastruktur pelabuhan satu-satunya yang melayani arus kapal dan penumpang dari dan ke Kabupaten Sitaro, Sangihe dan Talaud, serta perahu-perahu pariwisata Bunaken.

Saat ini, Pelindo IV sedang melakukan renovasi gudang-gudang eksisting yang selama ini utilisasinya untuk penumpukan barang sangat rendah dan dialih fungsikan sebagai terminal penumpang sehingga bisa berfungsi untuk menampung penumpang yang turun naik ke kapal.

Di bekas gudang tersebut juga akanmengakomodasi pertokoan, restoran dan kafe bagi para calon penumpang maupun pengunjung lainnya, dengan tampak luar atau facade dan landscape dari Terminal Penumpang ini akan bernuansa Kota Venice di Italia.

Untuk Pelabuhan Bitung, dalam rangka menuju IHP serta untuk mendukung KEK, melalui dana Penyertaan Modal Negara (PMN), di Pelabuhan Bitung akan dilakukan pembangunan fasilitas lapangan penumpukan seluas 5 hektare dan penambahan panjang dermaga 131 meter dan lebar 35 meter dengan anggaran sebesar Rp365 miliar.

(dwi/sir)