Friday, 23 August 2019

Habib Rizieq Kembali Dilaporkan ke Polda Metro

Jumat, 30 Desember 2016 — 18:53 WIB
Habib Rizieq Shihab. (dok/rihadin)

Habib Rizieq Shihab. (dok/rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, kembali dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penghinaan agama Kristen saat melakukan ceramah di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kali ini yang melaporkan Habib Rizieq adalah Forum Mahasiswa Pemuda Lintas Agama (Rumah Pelita).  Hal  tersebut merupakan ketiga kalinya setelah beberapa waktu lalu juga dilaporkan oleh Persatuan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) dan Student Peace Institute (SPI).

Anggota Rumah Pelita mendatangi SPKT Polda Metro Jaya, Jumat, (30/12/2016) sekitar pukul 17.00. Laporan mereka diterima oleh Polda Metro Jaya dengan nomor LP: TBL/6422/XII/2016/PMJ Ditreskrimsus.

“Rumah Pelita melaporkan Rizieq Shihab tentang penyebaran kebencian berbau SARA untuk memecah belah persatuan dan kesatuan Republik Indonesia dan memecah belah Islam,” ujar Koordinator Rumah Pelita, Slamet Abidin, di SPKT Polda Metro Jaya, Jumat, (30/12/2016).

lintas-agama

Anggota Rumah Pelita usai melaporkan Habib Rizieq ke Polda Metro Jaya (yendhi)

Mereka menganggap Rizieq telah mengobok-obok keyakinan agama lain, Rumah Pelita juga menyesalkan isi dari ceramah Habib Rizieq yang dianggap telah menistakan agama lain.

“Menghina agama lain bahwa Yesus beranak dan bidannya siapa? Jadi itu salah satu mengolok-olok dan menistakan suatu agama lain,” kata Slamet.

Sebagai barang bukti, Rumah Pelita menyerahkan rekaman video dari Youtube yang diunggah oleh Akun @sayareya dan satu buah flashdisk

Sama seperti pelapor sebelumnya PMKRI dan SPI, Rumah Pelita juga melaporkan Habib Rizieq Shiha atas dugaan menghina agama Kristen saat ceramah di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur pada tanggal 25 Desember 2016.

Habib Rizieq Shihab disangka melanggar pasal 165 KUHP dan pasal 156a KUHP dan atau pasal 28 ayat 2 Jo pasal 45 A ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. (Yendhi)