Thursday, 30 March 2017

Tahun 2017 Tanpa Byar Pet

Senin, 2 Januari 2017 — 9:13 WIB

TAHUN baru telah tiba. Tidak hanya penuh harapan, tahun 2017 yang baru saja kita injak ini, juga menyimpan tantangan berat.

Betapa tidak, di hari pertama tahun 2017,  masyarakat sudah dihadiahi sebuah kado pahit, yakni kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 900 Va (watt).  Alasannya, demi pengurangan subsidi yang dianggap sering salah sasaran.

Masyarakat pelanggan listrik 900 watt kebanyakan adalah golongan kelas menengah ke bawah. Jumlahnya cukup besar yakni 22 juta pelanggan.  Dari jumlah tersebut, 4 juta di antaranya masih mendapatkan subsidi.

Bagi masyarakat pengguna listrik 900 watt non subsidi yang angkanya mencapai 18 juta pelanggan, di tengah beban kehidupan yang semakin berat dan harga sembako yang masih tinggi, kenaikan tarif tersebut jelas membuat mereka gelisah.  Apalagi di antara pelanggan listrik 900 watt tersebut banyak yang merupakan pelaku usaha kecil.

Kita harapkan saja kenaikan ini tidak sampai menggangu roda ekonomi di level bawah. Usaha-usaha rumahan, bisnis kecil-kecilan, harus tetap berjalan karena mereka sesungguhnya adalah penjaga ekonomi kerakyatan yang mampu bertahan di tengah gempuran krisis.

Kepada masyarakat kita mengimbau agar pandai-pandai untuk melakukan penghematan. Gunakan listrik secara bijak dan hindari pemborosan. Kita masih bersyukur karena kenaikan tarif ini diberlakukan secara bertahap sehingga beban yang harus ditanggung pelanggan tidak terlalu berat.

Meski demikian, kita minta kepada PLN untuk mengimbangi kenaikan tarif tersebut dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Pelayanan PLN yang belum maksimal sering kita alami. Contoh paling anyar adalah pada Sabtu (31/12) malam. Pelanggan listrik di sebagian Jakarta dan Bekasi dibuat kecewa dengan padamnya aliran listrik saat detik-detik pergantian tahun.

Dalih yang  kita terima mengenai padamnya listrik tersebut adalah adanya  gangguan interbus transformer (IBT) 1 dan 2 Bekasi. Akibatnya, 11 gardu induk yang tersebar di Jakarta dan Bekasi pun mati.  Ke depan, kasus listrik byar pet semacam ini tidak boleh lagi terjadi. ^^