Tuesday, 25 July 2017

Mobil Terlaris Swedia Ternyata Bukan Volvo

Rabu, 4 Januari 2017 — 9:08 WIB
Volvo's S90 (reuters)

Volvo's S90 (reuters)

KENDARAAN terlaris Swedia sepanjang 2016 ternyata bukanlah Volvo, produk negara itu yang sudah mendunia.

Predikat mobil paling laris di negara Skandinavia itu adalah Volkswagen Golf, menurut asosiasi produsen mobil negara itu.

Sebanyak 5,9% mobil baru yang dibeli di Swedia merupakan Volkswagen Golf. Sedangkan Volvo menghasilkan 5,7% dari penjualan, mencakup tiga model kendaraan.

Ini adalah pertama kalinya Volvo tidak memuncaki angka penjualan di dalam negeri setelah lebih dari setengah abad. Terakhir kali Volvo tidak menempati posisi teratas terjadi pada 1962, ketika Volkswagen Beetle menduduki peringkat teratas.

Meskipun bisnis mobil Volvo sekarang ini dimiliki oleh perusahaan China, Zhejiang Geely Holding Group, mobil tersebut masih dipandang sebagai merk ikonik Swedia.

Di Swedia sendiri, Volvo memiliki pangsa terbesar secara keseluruhan. Perbandingannya, satu dari lima mobil di jalan-jalan Swedia adalah Volvo (21,5%), sedangkan pengguna Volkswagen sebanyak 15,7%.

Berdasarkan data asosiasi produsen mobil di Swedia, penjualan mobil baru sepanjang 2016 berjumlah 372.000 unit. Angka ini naik sebanyak 8% jika dibandingkan dengan 2015 lalu.(BBC)