Sunday, 23 September 2018

Ahok Jadikan RPTRA Pantau Anak

Jumat, 6 Januari 2017 — 0:31 WIB
ahok-kalijodoh

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama menjadikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai alat kontrol dan pencegahan terjadinya kekerasan terhadap anak di Jakarta.

Pria yang kerap disapa Ahok ini mengatakan setiap RPTRA memiliki petugas pemeliharaan mengelola yang mengawasi seluruh kegiatan di RPTRA.

“Salah satu kan RPTRA . Kita yakin dengan RPTRA, makanya kita ada manajemen di dalam RPTRA itu. Misalnya ada anak-anak kita siapkan taman tempat bermain. Kalo anak yang normal dan ga diapa-apain pasti dia bermain dong,” kata Ahok di Rumah Lembang, Jalan Lembang No 27, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2017).

Intensitas kehadiran anak-anak di RPTRA juga dapat menjadi indikasi dan kecurigaan. Dikatakan Ahok, setiap RPTRA menghimpun data dari anak-anak yang bermain dan menyimpat data secara komputerisasi. Sehingga anak-anak dapat terpantau kebiasaannya selama di lingkungan taman.

“Siapa yang datang main itu kita bisa tau, bisa kita selidiki kenapa anaknya tiba-tiba ga datang bermain lagi. Atau ada anak, ada taman begitu baik, tempat main begitu baik, tapi dia ga pernah main, ini mungkin disekap atau ada kekerasan dalam rumah tangga, kita bisa tau,” paparnya.

Ahok menargetkan Pemprov DKI dapat membangun 200 RPTRA di Jakarta di tahun 2017. Pembangunan dapat dilakukan dengan biaya APBD dan pembiayaan Corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta. (ikbal)

  • Herdy Wibisono

    Wkkkk….mentargetkan….bentar lagi dibui..si napi ahoax paranoid masih bisa ngomong itu…