Saturday, 20 July 2019

Ayo Katakan, Miras Oplosan No!

Sabtu, 7 Januari 2017 — 6:30 WIB
oplosan

MAU dibilang apa lagi ya? Dikasih tahu sudah, diperingatkan sudah. Contoh juga sudah banyak. Tapi, masih saja banyak orang yang keblinger, nenggak miras oplosan sampai tewas.

Kasus semacam masih saja berulang. Padahal ini sering terjadi, banyak korban bergelimpangan akibat minuman beracun tersebut. Kayaknya, kejadian demi kejadian tidak lagi digubris.

Bahkan mereka, pelaku yang sebagian besar adalah masih belia seperti menantang, gaya-gayaan. Kayaknya punya nyawa rangkap. Nggak tahu apa yang ada dipikiran mereka, apa ketika sedang minum miras oplosan merasa gagah, dunia ini milik mereka? Atau sudah bosan hidup, dan ingin cepat mati alias bunuh diri? Nggak jelas.

Yang jelas, mereka asyik-asyik saja berpesta pora minuman beracun tersebut. Mereka nggak paham atau gimana ya, kalau miras yang dicampur aduk dengan bahan pembasmi nyamuk, lem dan semacamnya itu bisa jadi racun mematikan? Atau nggak paham kalau mirasnya saja sudah mengandung alkohol yang bisa menggeragoti bagian dalam tubuh?

Kayaknya, pemerintah nih yang harus serius menangani kasus semacam ini. Itu tuh pabrik miras jangan dibiarkan terus hidup. Tindak dengan tegas. Jangan ragu-ragulah kalau menindak para pelaku . Katakan pada mereka, bahwa apa yang dilakukan sangat menghancurkan generasi penerus.

Dan beri pengertian pada mereka, kalau mau bikin minuman, ya yang sehat. Kan negeri ini kaya bahan ramuan atau rempah rempah. Ayo kelola menjadi minuman segar, bermanfaat dan menyehatkan.

Pada generasi muda, jangan juga sok gagah-gagahan. Nggak ada gunanya. Kalau mau gagah, jadi pahlawan, ayo belajar yang benar. Banyak yang bisa dicapai untuk jadi ‘jagoan’. Misalnya olah raga, berkesenian, bidang ilmu pengetahuan. Tinggal pilih.

Ayo, katakan tidak pada miras oplosan! -massoes