Tuesday, 13 November 2018

Habib Rizieq Dilaporkan Soal Ceramah Uang Baru

Minggu, 8 Januari 2017 — 21:44 WIB
Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF), melaporkan Habib Rizieq Shihab Polda Metro Jaya, Minggu (8/1/2017), atas tuduhan dugaan menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA.(yendhi)

Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF), melaporkan Habib Rizieq Shihab Polda Metro Jaya, Minggu (8/1/2017), atas tuduhan dugaan menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA.(yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya hari ini Minggu, (8/1/2017) sore, atas tuduhan dugaan menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA.

Laporan tersebut berdasarkan LP/92/I/2017/PMJ/Ditreskrimsus, tanggal 08 Januari 2017. Dengan pelapor atas nama Ketua JIMAF, M Herdiyan Saksono Zoulba.

Herdiyan mengatakan, dugaan penyebaran berita bohong dan kebencian bermuatan SARA tersebut dilontarkan Habib Rizieq saat ceramah di suatu daerah yang tersebar luas di jejaring sosial melalui akun Youtube.

“Pokoknya menyebut adanya simbol Palu-Arit dalam pecahan mata uang rupiah yang baru dikeluarkan Bank Indonesia (BI) dengan dikonotasikan simbol PKI,” ujarnya kepada awak media selesai melakukan pelaporan di Mapolda Metro Jaya, Minggu, (8/1/2017).

Dalam laporan tersebut mereka menyertakan barang bukti berupa rekaman video dan Screenshot saat habib Rizieq ceramah yang diambil dari Akun Youtube.

Dalam rekaman video ceramah Habib Rizieq yang berdurasi kurang lebih 3 menit tersebut, terdapat pernyataan yang terindikasi adanya dugaan tindakan pidana. Atas dasar itu, Herdiyan menganggap jika pernyataan Habib Rizieq tersebut dapat menimbulkan persepsi yang berbeda dimasyarakat dan dapat menimbulkan perpecahan negara.

“Jelas ini merupakan masalah serius, mengingat masalah mata uang adalah bagian dari kedaulatan Negara. Tentunya melalui penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang diduga telah menyebarkan isu yang meresahkan ini dan berpotensi memecah belah bangsa,” katanya.

Selain itu, berdasarkan klarifikasi dari Bank Indonesia (BI) pihaknya telah membantah tuduhan Habib Rizieq, dengan menegaskan gambar tersebut bukan ‘Palu Arit’ melainkan hologram BI yang sekarang berubah.

Dalam laporan tersebut, Habib Rizieq disangkakan melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang RI No 19 Tahun 2016 atas perubahan Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang ITE. (yendhi/yp)

  • Wicaksana

    Orang sombong perlu diberi pelajaran biar Intropeksi.

  • Mangap

    Mari kita cari semua kesalahannya dan laporkan. suatu saat pasti akan kena batunya. atau setidaknya nggak akan berani seenaknya sendiri lagi

  • endun

    Pki makin berani. Nanti pasti kita tumpas seakar-akarnya.

  • adhie parama

    pada ga pinter sih, sudah d bilang itu sistem code uang asli bank indo, masih ngotot palu arit.. hahaha..
    harusnya org indo makin pinter, bukan makin bloon.. skrg aja udah tertinggal, kalo tetap ga mau pintar yg makin tertinggal.. salam mikir guys..