Thursday, 15 November 2018

Hebat! Siswa SMP N 2 Depok Gunakan Absensi Digital

Senin, 9 Januari 2017 — 7:24 WIB
Petugas saat memasang alat absensi digital yang akan dipergunakan siswa kelas VII dan VIII SMP N 2 Kota Depok. (anton)

Petugas saat memasang alat absensi digital yang akan dipergunakan siswa kelas VII dan VIII SMP N 2 Kota Depok. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 2 Depok sejak 9 Januari 2017 baik mau masuk maupun pulang sekolah harus menggunakan absen digital atau elektronik yang telah terpasang di pintu masuk gedung sekolah.

Semua murid kelas VII dan VIII tersebut sebelumnya telah diberikan kartu aplikasi.
“Penggunaan absen digital merupakan yang pertama kali di Kota Depok,” kata Kepala SMP N 2 Depok, Sumarno.

Absensi digital ini dimaksudkan untuk mempermudah orang tua mengetahui rekapan absen siswa . Orang tua dapat mengetahui absensi anaknya dengan cara membuka ponsel dan memasukan aplikasinya terlebih dahulu.

Menurut dia, seluruh siswa tentunya harus memiliki kartu akses untuk datang dan pulang sekolah sebagai salah satu alat perekaman kehadiran siswa di alat digital tersebut. “Untuk siswa kelas IX tak diberikan karena dalam waktu dekat sudah berhadapan dengan ujian nasional (UN),” tuturnya.

Sumarno, menambahkan aplikasi android absensi siswa kelas VII dan VIII nantinya selain dapat memperoleh informasi rekapan absensi siswa juga akan dapat menampilkan rekapan nilai hingga informasi atau pengumuman secara langsung kepada orang tua murid dengan cepat.

Bahkan nantinya, orang tua murid tak perlu datang langsung ke sekolah menanyakan masalah absensi atau rekapan nilai tapi dapat melihat dari handphone milik mereka.

Untuk percobaaan absensi digital siswa kelas VII dan VIII SMP N 2 Depok, imbuh dia, pihak sekolah sekarang baru memasang dua alat absensi digital terlebih dahulu dan setelah berjalan dan dievaluasi tentunya akan ditambah lagi.

“Seluruh orang tua murid kelas VII dan VIII sudah diinformasikan dan mendukung penuh kegiatan rekapan absensi maupun nilai secra langsung melalui digital tersebut,” tuturnya. (anton)