Sunday, 22 January 2017

Singapura Minta Hong Kong Kembalikan Kendaraan Lapis Baja

Selasa, 10 Januari 2017 — 7:23 WIB
Kendaraan lapis baja milik Singapura ditahan di Hong Kong dalam pengiriman dari Taiwan ke Singapura.

Kendaraan lapis baja milik Singapura ditahan di Hong Kong dalam pengiriman dari Taiwan ke Singapura.

SINGAPURA menyerukan kepada Hong Kong untuk mengembalikan sembilan kendaraan lapis baja yang disita oleh pejabat Bea dan Cukai ketika kendaraan militer itu dikirim melewati Hong Kong dari Taiwan.

Menteri Pertahanan Singapura Ng En Hen mengatakan kendaraan militer itu dilindungi oleh imunitas berdaulat meskipun dikirim oleh perusahaan jasa swasta.

Dikatakan oleh Ng Eng Hen bahwa Singapura sudah berkali-kali meminta pemerintah Hong Kong bahwa kendaraan tersebut adalah milik pemerintah Singapura.

“Oleh karena itu kami telah meminta otoritas Hong Kong untuk segera mengembalikannya,” katanya di parlemen Singapura pada Senin (09/01).

“Kendaraan-kendaraan tersebut tidak bisa ditahan atau disita oleh negara-negara lain,” tambah Ng Eng Hen.

Sembilan kendaraan lapis baja Terrex disita oleh Hong Kong November lalu sekembalinya dari latihan militer di Taiwan.
Menurut menteri pertahanan Singapura, pihak berwenang Hong Kong sudah memberikan jawaban atas permintaannya dengan mengatakan penyelidikan akan memakan waktu.

Kasus tersebut menimbulkan perselisihan yang juga melibatkan Cina yang membawahi Hong Kong dan menganggap Taiwan sebagai provinsi yang membangkang.

Penyitaan kendaraan lapis baja itu diyakini sebagai pesan atas ketidaksenangan pemerintah Cina terhadap keterlibatan Singapura dengan Taiwan.

Cina langsung mengirimkan protes diplomatik kepada Singapura karena negara itu menjalin kerja sama militer dengan Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Cina menegaskan bahwa Singapura harus “mematuhi kebijakan satu Cina”.

“Sepanjang yang saya tahu, Hong Kong menangani kasus ini sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, dan kami berharap semua pihak dapat menahan diri dari segi perkataan maupun tindakan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Lu Kang, sebagaimana dikutip kantor berita AFP.(BBC)

Terbaru

Camat Pamulang, Deden Juardi, bersama Kepala Bidang Kebersihan di DLH Kota Tangsel Yepi Suherman saat menimbang sampah di Bank Sampah Berseri, di RW 03 Kelurahan Bambu Apus. (anton)
Minggu, 22/01/2017 — 8:15 WIB
Sampah Buangan Hasilkan Uang di Pemulang
Sejumlah petugas KPU Kota Tangsel dikawal petugas kepolisian saat menurunkan logistik keperluan Pilgub Banten di gudang penyimpanan. (anton)
Minggu, 22/01/2017 — 7:56 WIB
Dijaga Polisi
903.416 Surat Suara Pilgub Banten Tiba Gudang KPU Tangsel
valencia-kalah
Minggu, 22/01/2017 — 7:40 WIB
Villarreal Takluk dari Valencia 0-2 di Kandang
Trotoar di Jalan Baru Arenjaya yang dikeluhkan warga. (chotim)
Minggu, 22/01/2017 — 7:14 WIB
Jalan dan Trotoar di Arenjaya Bekasi Rusak