Tuesday, 25 July 2017

Commuter Line dari Bekasi Bakal Tak Transit di Stasiun Jatinegara

Kamis, 12 Januari 2017 — 18:57 WIB
kcl1

BEKASI (Pos Kota)- Penumpang Commuter Line (CL) asal Bekasi yang hendak turun di Stasiun Pasar Senen, Kemayoran dan Kampung Bandan, dalam waktu dekat tidak lagi transit di Stasiun Jatinegara.

“Saat ini sedang diolah mekanismenya,” ujar Eva Chairunisa, Humas PT KAI Commuter, saat dihubungi Poskotanews, Kamis (12/1/2017).

Sejumlah CL jurusan Jakarta Kota dari Stasiun KA Bekasi dan sebaliknya akan melalui Stasiun KA Senen, “Tapi tidak semua hanya sebagian saja,” lanjut Eva. Pemindahan itu, untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Stasiun Manggarai.

Sebelumnya Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ Subakir mengatakan pengalihan rute tersebut untuk meminimalisir antrean kereta yang kerap memadati stasiun tersebut.

“(KRL lintas) Bekasi dari Jatinegara lewat Pasar Senen menuju Jakarta Kota. Kami sudah dapat izinnya, dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” katanya

Dia menjelaskan, kondisi lalu lintas kereta api di Stasiun Manggarai sangat padat karena dilintasi berbagai KRL untuk sejumlah rute. Untuk itu, dengan dipindahkannya rute KRL Bekasi menuju Jakarta Kota dapat mengurangi kepadatan sehingga kereta api bisa melaju cepat dan sampai sesuai jadwal.

Selain itu, Stasiun Manggarai juga sedang direnovasi agar menjadi stasiun terintegrasi yang modern. Di stasiun tersebut juga disiapkan sistem rel ganda yang dapat memisahkan perjalanan kereta api antar-kota dengan KRL commuter line Jabodetabek yang melayani rute di dalam kota.

“Sistem rel ganda itu juga disiapkan untuk KRL menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, kereta bandara mulai beroperasi pada 2017 ini,” tuturnya. (saban/yp)