Monday, 26 June 2017

Ditanya Penggusuran, Ahok: Lu Berasa Enggak Sih

Kamis, 12 Januari 2017 — 19:44 WIB
Ahok mengaku telah mempersiapkan diri untuk debat

Ahok mengaku telah mempersiapkan diri untuk debat

JAKARTA (Pos Kota) – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama mengaku tidak khawatir jika pada debat lawan akan menggunakan isu penggusuran. Pria yang kerap disapa Ahok ini mengatakan, penertiban bantaran kali dalam upayanya untuk mengurangi titik banjir di Jakarta.

“Ya gak apa-apa nanti kami jelaskan. Itu kan kata lawan, lu berasa enggak sih, saya gubernur yang ngurangin titik banjir dua per tiga?” kata Ahok di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengklaim, dengan usahanya menormalisasi sungai-sungai, Jakarta terhindar dari dampak badai La Lina beberapa waktu lalu.

“Sekarang gua tanya sama kamu, kamu merasa enggak sekarang seluruh kota Asia Tenggara karena La Lina kena banjir. Jakarta yang selama ini, banjir, dua tahun enggak banjir. Itu akibat apa? Akibat kita normalisasi sungai,” imbuhnya.

Menurutnya, mengembalikan lebar sungai dengan penertiban adalah solusi yang tepat dilakukan saat ini. Ahok menyebut belum menemukan cara yang lain kembalikan fungsi sungai dengan normalisasi.

“Orang bilang gusur, sekarang gua tanya, normalisasi sungai tanpa menghilangkan rumah-rumah yang menduduki trase sungai itu caranya gimana?,” kata Ahok.

Ahok melakukan beberapa penertiban untuk menormalisasi sungai-sungai di Jakarta dalam usahanya mengatasi masalah banjir. Warga yang terkena dampak penertiban direlokasi ke rumah susun.

Ahok mengklaim dari sekitar 2.000 titik banjir yang mengepung Jakarta, kini hanya tersisa 400 titik. (ikbal/us)