Friday, 22 September 2017

Gebuk Bilbao 1-3, Barca Lolos dari Lobang Jarum

Kamis, 12 Januari 2017 — 5:55 WIB
Messi dilanggar di kotak terlarang oleh pemain Bilbao namun tidak berbuat penalti (reuters)

Messi dilanggar di kotak terlarang oleh pemain Bilbao namun tidak berbuat penalti (reuters)

SPANYOL– Barcelona berhasil bantai Atletico Bilbao 3-1 dalam leg kedua Copa del Rey di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Dengan kemenangan ini Barcelona lolos ke perempat final dengan agregat 4-3 sebab sebelumnya Messi Cs kalah 1-2 di kandang Bilbao.

Kemenangan ini tidak mudah diraih Barcelona. Setelah unggul 2-0 lewat gol Suarez pada menit ke-35 dan Neymar pada menit ke-48, tiba-tiba pemain Bilbao, Saborit membuat gol pada menit ke-51 sehingga kedudukan 3-3.

Jika kedudukan ini tetap berlanjut hingga waktu normal maka ada perpanjangan waktu sesuai peraturan. Namun Messi lagi -lagi tampil jadi pahlawan dengan golnya pada menit ke-78 sehingga kedudukan 3-1 dan akhirnya Barca lolos dari lubang jarum dengan agregat 4-3.

Berlaga di kandang sendiri dengan wajib menang minimal 1-0 membuat Barca sejak menit awal langsung menekan. Hasilnya pada menit ke-35, Barca unggul berkat penyelesaian sempurna Suarez memanfaatkan kerjasama Messi dan Neymar yang tidak mampu dibendung Iraizoz.

Meski sudah unggul dan lolos tetapi Barca tetap menekan Bilbao. Lewat Messi, Neymar dan Suarez, Barcelona tetap menguasai permainan, membuat Bilbao harus bertahan. Seperti pada menit ke-39, Bilbao dalam posisi tertekan beruntung umpan yang mengarah kepada Messi harus terhenti usai hakim garis kembali mengangkat benderanya. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0.

Memasuki babak kedua, Barca kembali unggul kali ini lewat tendanagan penalti Neymar pada menit ke- 48. Penalti itu diberikan kepada Barca oleh wasit Jesús Gil karena pemain Bilbao, Boveda melanggar pemain asal Brasil itu di kotak terlarang. Dengan dingin, Nyemar berhasil menambah keunggulan Barca jadi 2-0.

Namun berselang tiga menit Bilbao mampu mencetak gol lewat Saborit. Pada menit ke-51, Saborit yang berlari dar belakang tidak terjaga pemain Barca dan dengan jitu menanduk bola hasil umpan cantik Inaki Williams.

Kedudukan 2-1 keberentungan bagi Bilbao. Sebab dengan demikian agregat jadi 3-3. Sesuai peraturan maka jika tetap berakhir sampai waktu normal akan ada perpanjangan waktu dan adu penalti.

Namun Messi tampil jadi pembeda. Pada menit ke-78 lewat tendangan bebas yang indah Messi akhirnya memastikan keunggulan Barca menjadi 3-1 sehingga Agregat 4-3 dan lolos ke babak berikutnya. (B)