Saturday, 23 September 2017

IKA SGKP Plus Ingin Ada Regenerasi Keanggotaan

Kamis, 12 Januari 2017 — 13:52 WIB
Anggota IKA SGKP Plus gelar reuni di SMK 57 Jakarta. (ist)

Anggota IKA SGKP Plus gelar reuni di SMK 57 Jakarta. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Sudah banyak yang berusia lanjut, Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Guru Kepandaian Putri (SGKP) Plus Darmaningsih Suroyo ingin regenerasi keanggotaan dan kepengurusan IKA SGKP Plus. Dengan cara demikian maka SGKP Plus yang kini sudah menjelma menjadi SMK bisa terus dipantau perkembangannya.

“Kami adalah cikal bakal lahirnya sekolah kejuruan. Terutama untuk sekolah-sekolah dengan jurusan seperti parwisata, perhotelan, tata boga, tata busana dan lainnya,” tutur Darmaningsih di sela reuni ke-17 yang berlangsung di SMK 57 Jakarta.

Menurutnya meski sudah lanjut usia, sumbangsih dan pemikiran anggota IKA SGKP Plus terkait pendidikan kejuruan tetap dibutuhkan. Misalnya terkait tata cara berpakaian, sopan santun dalam pergaulan, dan berbagai jenis ketrampilan putri maupun keluarga.

Karena itu Darmaningsih berharap regenerasi baik keanggotaan maupun kepengurusan bisa dilaksanakan. Rekruitmen anggota tentu adalah siswa lulusan SMK mengingat SGKP Plus memang sudah lama tidak ada.

Sementara itu Ketua IKA SGKP Plus Cabang DKI Jakarta Ade Fatimah mengatakan dominasi keanggotaan IKA SGKP Plus yang sudah berusia lanjut membuat organisasi ini bergerak lebih kepada menjalin tali silaturahmi.

“Gerak dan aktivitas kami yang sudah sepuh tentu berbeda. Kami kumpul sekedar silaturahmi dan menciptakan kegembiraan,” katanya.

Jika regenerasi kepengurusan dan keanggotaan bisa dilakukan terhadap mereka yang berusia lebih muda, lanjutnya tentu akan berbeda. Bisa jadi IKA SGPK Plus akan memberikan sumbangsih yang lebih banyak berupa pemikiran dan ide-ide bagi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan SMK.

Reuni yang digelar dua tahun sekali tersebut kali ini diikuti perwakilan anggota dari kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Menado, Padang dan Palembang. Selain kegiatan carity (amal), reuni diisi dengan pemilihan anggota dengan busana terbaik. (inung/win)