Sunday, 23 July 2017

Kasihan Pemerintah Dirongrong Orang Kaya

Kamis, 12 Januari 2017 — 6:08 WIB
gas3kg

PEMERINTAH terlalu baik pada rakyatnya, tapi rakyatnya selalu menyalah-gunakan. Apa itu? Dulu pemerintah memberikan subsidi BBM untuk orang kecil, rakyat miskin, tapi yang menikmati orang kaya. Listrik begitu juga. Giliran gas melon 3 Kg, sami mawon. Mestinya untuk si miskin, orang kaya (berkemampuan) tanpa malu ikut ambil bagian. Kasihan pemerintah, karena justru dirongrong oleh para orang kaya.

Jaman pemerintahan SBY hingga Jokowi sekarang, APBN defisit melulu karena banyak mensubsidi rakyat. Ya BBM, ya listrik, ya gas. Celakanya, negara sudah berkorban begitu banyak, eh……salah sasaran. Subsidi-subsidi itu justru dinikmati para orang kaya, yang mustinya tidak berhak. Akhirnya, dari tahun 2009 hingga 2016 saja subsidi itu telah membengkak jadi Rp 176,2 triliun.

Kini pemerintah mulai bertindak tegas. Mulai tahun ini, subsidi gas melon 3 Kg dilakukan selektif. Yang memperoleh hanya rumahtangga miskin dan praktisi usaha mikro. Untuk rumahtangga miskin sebulan dapat 3 tabung, sedangkan usaha mikro sebulan 9 tabung. Kepada mereka diberikan kartu khusus. Tanpa kartu tersebut tidak bisa belanja tabung gas melon bersubsidi.

Tapi orang Indonesia itu kan paling pinter mengakal-akali aturan. Lihat saja nanti, pasti ada yang mencoba menyiasati. Maka seyogyanya, paling efektif adalah memperluas jaringan pipanisasi gas. Di samping harganya bisa lebih murah, pemerintah juga tidak menjadi terlalu ribet. Cuma ya itu tadi, investasi awal memang sangat besar, atau kembali saja ke …..minyak tanah lagi? He he he….… – gunarso ts