Wednesday, 26 September 2018

Soni Jajaki Wisata Heritage Jakarta-Yogya-Bali

Sabtu, 14 Januari 2017 — 19:48 WIB
Plt Gubernur Soni Sumarsono berfoto bersama wartawan di kawasan Candi Borobudur. (Joko)

Plt Gubernur Soni Sumarsono berfoto bersama wartawan di kawasan Candi Borobudur. (Joko)

YOGYAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta sedang menjajaki dengan Pemprov DI Yogyakarta dan Bali untuk bekerja sama membuka wisata heritage. “Untuk itu kami perlu membawa sejumlah SKPD melakukan studi banding dengan pihak Keraton Yogya,” ujar Soni di Yogyakarta, Sabtu (14/1/2017).

Menurutnya, menggelar program wisata heritage di tiga wilayah yakni Jakarta, Yogya, dan Bali, sangat memungkinkan. “Karena transportasi dari ketiga wilayah ini sudah sangat bagus. Begitu pula tingkat kunjungan wisatawan juga tinggi,” papar Soni yang mengerahkan lebih dari 100 pejabat DKI menggelar rapat di atas kereta api wisata jurusan Jakarta-Yogyakarta.

Rombongan tersebut secara khusus menyewa enam gerbong kereta wisata yang berangkat dari Stasiun KA Gambir Jumat malam dan tiba di Stasiun KA Tugu Yogyakarta pada Sabtu pukul 06.00.

Selanjutnya rombongan menuju Candi Borobudur yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Yogya. “Untuk wisata Candi Borobudur juga sangat memungkinkan dilakukan kerja sama. Namun yang utama adalah Jakarta, Yogya, dan Bali,” papar Soni.

Menurutnya, untuk wisata heritage di wilayah DKI Jakarta yang bisa dijual adalah kawasan Kota Tua meliputi Museum Fatahillah, Sunda Kelapa, Setu Babakan, Rumah Si Pitung, dan berbagai museum. “Sedangkan untuk Yogya meliputi wisata keraton dan Malioboro yang begitu banyak pengunjungnya. Begitu pula untuk Bali juga banyak objek wisata yang menarik pengunjung lokal maupun asing,” papar Soni.

Mura, salah satu pemandu wisata Candi Borobudur menambahkan kunjungan wisatawan di lokasi peninggalan sejarah ini lebih dari 3 juta orang/tahun. “Borobudur merupakan warisan dunia di Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan sehingga secara otomatis akan membawa kesejahteraan bagi warga sekitar,” kata Mura. (Joko)