Tuesday, 14 August 2018

Unggas di Koja Dirazia, Kandangnya Dibakar

Sabtu, 14 Januari 2017 — 1:15 WIB
Sweeping unggas di RT 04/04, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Sweeping unggas di RT 04/04, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

JAKARTA (Pos Kota) – Suku Dinas, Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara, mensweeping unggas di RT 04/04, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Dalam razia ini belasan burung dara dan ayam terjaring petugas dan sebagian langsung dimusnahkan, selain itu kandang-kandangnya juga dibakar.

Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara, Rita Nirmala mengakui dalam razia ini puluhan petugas baik dari Sudin KPKP maupun Satpol PP diterjunkan ke lokasi.

“Sweeping ini sebagai salah satu repon atas laporan dari laporan warga dan pihak Kecamatan Koja. Kami menyisir sejumlah gang-gang hunian warga yang padat penduduk. Hasilnya, 15 unggas, dengan rincian 10 burung dara dan lima ayam milik warga yang dibiarkan bebas berkeliaran ditangkap petugas,”terang Rita Nirmala, Jumat (12/1).

Diakui Rita tidak ditemukan satupun unggas, baik itu ayam dan burung dara yang mengidap flu burung. Namun, pihaknya tetap memotong 15 unggas tersebut yang selanjutnya 10 burung dara dibakar dan lima ayam diberikan pada pemiliknya.

“ Selain memotong unggas, kami juga musnaskan lima kandang burung dara dan ayam yang sudah tidak dipakai. Dan, selanjutnya pada pemilik unggas kami buat surat pernyataan untuk mengandangkan unggasnya,” ucap Rita. (wandi)