Wednesday, 20 September 2017

Mentan Bagi-bagikan Bibit Cabe Kepada Anggota IWAPI

Selasa, 17 Januari 2017 — 18:21 WIB
Mentan Andi Amran Sulaiman membagikan bibit cabe gratis kepada perwakilan IWAPI.

Mentan Andi Amran Sulaiman membagikan bibit cabe gratis kepada perwakilan IWAPI.

JAKARTA (Pos Kota) – Harga  semakin melambung hingga Rp 150 ribu per kilogram Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membagikan bibit cabe dalam pot kepada anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Langkah ini dilakukan dengan harapan agar ibu-ibu rumah tangga bisa memanfaatkan hasil panennya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya masing-masing.

“Jika banyak anggota IWAPI yang berhasil menanam cabe kami harapkan harganya bisa ditekan disamping mendapatkan hasil pertanian yang lebih sehat karena dihasilkan dari halaman rumah sendisi,” katanya usai menyerahkan bibit cabe kepada perwakilan IWAPI di Thamrin City, Selasa (17/1/2017).

Menurut Amran, program bagi-bagi cabai ke Iwapi  merupakan salah satu bagian dari program pemberian 10 juta bibit cabai yang didistribusikan lewat program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Dalam KRPL sendiri tak hanya fokus menggerakkan budaya tanam cabai, namun juga stimulus rumah tangga bisa membudidayakan pangan lainnya seperti pembagian bibit ayam DOC dan bibit sayuran.

Ketua Umum Iwapi, Nita Yudi, mengatakan pembagian bibit juga disertai dengan bimbingan teknis budidaya dari Kementerian Pertanian. Dengan cara ini diharapkan cabe yang diberikan bisa tumbuh subur.

Sementara itu Ny. Elva warga Cawang, Jakarta Timur  mengaku shok dengan tingginya harga cabe. Menurut dia harga cabe per kilogram di pengecer sudah mencapai Rp 150 per kilogram.  “Duit  lima ribu rupiah cuma dapat 5 buah cabe rawit. Gimana mau bikin sambal,” katanya dengan nada kesal.

Menurut dia pemerintah sepertinya sudah gak bisa lagi mengatasi masalah. Sebab mengatasi harga cabe saja yang merupakan persoalan kecil sudah tidak mampu. (Faisal/win)