Saturday, 25 November 2017

Sampah Dibuang Sembarang, Bau Busuk Menyebar di Rangkapan Jaya

Selasa, 17 Januari 2017 — 13:12 WIB
Sejumlah petugas saat melihat langsung sampah buangan dipinggir Jl. Raya Caringin, Kel.  Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas. (Anton)

Sejumlah petugas saat melihat langsung sampah buangan dipinggir Jl. Raya Caringin, Kel. Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas. (Anton)

DEPOK (Pos Kota)  – Warga yang melintas di RW 014, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, mengeluhkan bau busuk sampah buangan di pinggir Jalan Raya Caringin. Pasalnya, sampah buangan hanya diletakan di pinggir jalan persis di pagar tembok perumahan warga.

“Hampir setiap hari tercium bau busuk sampah buangan yang ditumpuk di pinggir pagar jalan raya tersebut,” kata Ny. Hermaini , warga RW 014, Kel. Rangkapan Jaya Baru, Selasa (17/1).

Sampah buangan yang ditumpuk buang warga yang melintas dan petugas kebersihan lingkungan setempat karena lingkungan tersebut tak memiliki Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS).

Menurut dia, sampah buangan tersebut memang di dalam karung dan tinggal diambil petugas kebersihan yang melintas untuk dibuang ke TPA Cipayung.

Sebetulnya, tambah Imam, warga lainnya, mengatakan sampah itu ditumpuk dan diletakan di pinggir jalan sambil menunggu petugas kebersihan yang mengangkut sampah dengan truk sampah. “Namun kerap petugas kebersihan yang ada di truk tak mau berhenti menggambil atau mengangkut sampah itu hingga berhari-hari,” ujar bapak dua anak ini.

Bukan TPSS

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota Depok, Ety S, meminta tim sapu bersih (Sabet) Kebersihan untuk mengangkut dan menegur warga sekitar maupun petugas kebersihan yang selama ini membuang sampah di pinggir Jl. Raya Caringin, Kel. Rangkapan Jaya Baru.

“Lokasi itu bukan TPSS harus bersih dari sampah kalau pun mau ikut membuang ke TPA dengan truk sampah yang melintas harusnya koordinasi terlebih dahulu sehingga petugas mau berhenti mengambil atau mengangkut sampah buangan warga sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Sauber Kebersihan setempat Suwondo didampingi Babinsa Kamtibmas setempat, Effendi, langsung mengawasi sejumlah petugas kebersihan. Dan warga setempat yang membersihkan sampah buangan tersebut. (Anton/win)