Wednesday, 13 December 2017

1500 Pohon di Jakarta Selatan Rawan Tumbang

Kamis, 19 Januari 2017 — 18:48 WIB
Petugas Sudin Kehutanan Jaksel mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Jatisari, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Kamis (19/1). (Rachmi)

Petugas Sudin Kehutanan Jaksel mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Jatisari, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Kamis (19/1). (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Menjelang puncak musim hujan pada Februari 2017, masyarakat supaya mewaspadai pohon tumbang. Di Jakarta Selatan, sejak Desember 2016 hingga 19 Januari 2017 ada 31 pohon tumbang.

Di Jaksel sekitar 1.500 pohon berusia puluhan tahun yang rawan tumbang dan tersebar di 10 kecamatan. Paling banyak di Kecamatan Kebayoran Baru, Cilandak, Pasar Minggu, dan Pancoran.

Kepala Seksi Jalur Hijau Suku Dinas Kehutanan Jaksel, Bambang menjelaskan dalam dua bulan terakhir pihaknya menangangi sekitar 31 pohon tumbang. Adapun jenis pohon tumbang itu di antaranya Angsana, Beringin, Mahoni, Flamboyan dan Dadap Merah.

“Selain tumbang karena angin kencang, sebagian pohon ambruk karena sudah tua dengan akarnya keropos,” kata Bambang, Kamis (19/1).

Pada Kamis (19/1), 5 PHL Sudin Kehutanan Jaksel mengevakuasi pohon tua yang tumbang di area taman di Jalan Jatisari, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu. Pohon jenis Kemiri dengan diameter sekitar 80 sentimeter ini kondisi akarnya sangat keropos. Beruntung tidak menimpa pejalan kaki atau warga sekitar.

Dikatakan Bambang, selama Januari 2017 tercatat 10 pohon ambruk di sejumlah lokasi. Antara lain di Jalan Warung Jati Barat seberang RS JMC, Jalan Metro Alam, Pondok Pinang, Jalan Purnawarman, Jalan Barito dan di Jalan Pancoran Timur II. (Rachmi)