Tuesday, 23 May 2017

80 Orang Asal Nigeria Diamankan dari Apartemen di Kelapa Gading

Kamis, 19 Januari 2017 — 23:05 WIB
Tanggal 6 Maret 2015 Imigrasi juga pernah mengamankan  18 dari  Apartemen Gading Nias Residence, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, (dokumentasi)

Tanggal 6 Maret 2015 Imigrasi juga pernah mengamankan 18 dari Apartemen Gading Nias Residence, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, (dokumentasi)

JAKARTAG (Pos Kota) – Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara kembali merazia warga negara asing (WNA) dati Apertemen Gading Nias, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kamis (19/1), petugas Imigrasi mengamankan 80 WNA asal Nigeria tanpa dokumen keimigrasian. Jumlah WNA yang terjaring lebih banyak dibandingkan sebelumnya. “Mereka ditangkap hanya dideportasi, nanti datang lagi. Saya yakin petugas tau mereka ini. Sekarang mereka makin banyak aja tinggal di sini,” kata Henri, satu penghuni apertemen.
(BACA : Melanggar Keimigrasian, 18 WNA Diciduk di Apartemen)

Sebagian besar WNA itu, datang ke Jakarta untuk berbisnis pakaian yang akan dijual di negaranya. “Mereka yang terjaring dalam razia akan dibekukan visanya karena sudah habis massa tinggalnya di Indonesia dengan alasan bekerja sebagai pedagang distributor pakaian,” kata Kepala Seksi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas 1 Bayu Dewabrata.

Dikatakan, dalam menjalankan aksinya WNA berupaya mengakali habisnya masa izin tinggal dengan mengurus dokumen suaka ke lembaga UNHCR PBB yang mengurusi masalah pengungsian. Dari 80 WNA, sekitar 10 orang menggunakan modus suaka. (ilham)