Friday, 21 September 2018

Politisi Senior Australia : Burka Bukan Budaya Kita

Kamis, 19 Januari 2017 — 12:51 WIB
Politisi senior Australia, Colin Barnett. (reuters)

Politisi senior Australia, Colin Barnett. (reuters)

AUSTRALIA – Politisi senior Australia, Colin Barnett, membuat pernyataan kontroversial dengan mengatakan jika dirinya melarang orang untuk mengenakan burka karena hal tersebut “bukanlah bagian dari kebudayaan kita”.

Perdana Menteri Negara Bagian Australia Barat ini mengatakan, jika pemerintah tidak ada niatan untuk melarang penggunaan hijab/jilbab yang dipakai seorang muslimah. Namun, kepada WAToday, Barnett menyampaikan: “Saya akan meminta warga untuk tidak mengenakan busana tersebut (burka) di Australia maupun sebagai warga negara Australia,” ujarnya seprti dikutip Independent, Kamis (19/1/2017).

Burka sudah menjadi pembicaraan hangat beberapa minggu belakangan ini. Hal tersebut diawali setelah politikus anti – Islam, Pauilen Hanson, mengeluarkan pernyataan jika burka merupakan “alat penindas”.

Hanson mengatakan jika dirinya bakal melarang penggunaan Burka diseluruh gedung pemerintahan jika partainya menang di pemilihan Quensland.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull sebelumnya juga pernah mengatakan jika pakaian yang menutup secara keseluruhan hingga menutup wajah memang dilarang di tempat-tempat tertentu. Namun ia mengatakan jika aturan tersebut dibuat dengan alasan keamanan, bukannya menyangkut prasangka terhadap agama tertentu. (embun)