Monday, 11 December 2017

Tahun Ini, Pemprov DKI Berangkatkan 120 Marbot Berumroh

Sabtu, 21 Januari 2017 — 17:14 WIB
Plt Gunernur dan Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi foto bersama dengan peserta lulusan terbaik. (Wandi)

Plt Gunernur dan Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi foto bersama dengan peserta lulusan terbaik. (Wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah jumlah marbot (pengurus masjid) yang diberangkatkan ibadah umroh. Bila tahun 2016 lalu diberangkatkan 60 marbot, tahun ini DKI akan memberangkatkan hingga 120 orang.

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono saat ada kegiatan wisuda Pendidikan Kader Ulama (PKU) dan Pendidikan Dasar Ulama (PDU) di Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara, Sabtu (21/1).

Menurutnya, dengan anggaran sekitar Rp 70 triliun,pada 2017 ini, Pemprov DKI Jakarta akan meningkatkan jumlah marbot yang diberangkatkan hingga dua kali lipat.

“Tahun lalu sekitar 60 marbot kita berangkatkan. Seharusnya, dengan anggaran sekitar Rp 70 triliun, kita bisa lebih dari itu, maka dari itu kami akan berencana menambah jumlah marbot tahun ini untuk berangkat umroh,” terang Sumarsono, Sabtu (21/1).

Somarsono menjelaskan, nanti tidak cuma marbot saja yang akan diberangkatkan. Tapi para lulusan PKU dan PDU dengan IP terbaik juga akan berangkatkan. Bantuan umrah yang diberikan pada lulusan terbaik bertujuan merangsang calon ulama agar lebih bersemangat dalam mendalami ilmu agama.

Sehingga, ke depan bisa meraih pemahaman yang baik dan ditranformasikan pada masyarakat. Selain itu banyak lulusan PKU dan PDU akan semakin menyejukkan Jakarta. “Pemahaman yang disampaikan ulama pada masyarakat pastinya menyejukkan karena berpedoman dari agama Islam,” katanya.

Pada kegiatan itu sebanyak 172 mahasiswa dari Pendidikan Kader Ulama (PKU) dan Pendidikan Dasar Ulama (PDU) Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta diĀ  wisuda di Aula Jakarta Islamic Centre (JIC) Koja, Jakarta Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan MUI ini didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini sebagai bukti Pemprov DKI mendukung keberadaan MUI. Bahkan, pada kesempatan itu Plt, juga berencana akan membangunkan kantor MUI. Sebab, saat ini MUI DKI Jakarta masih menumpang di JIC.

“Kita akan follow up, sampaikan saja proposalnya, akan saya tandatangani. Dengan begitu kita berharap ada relasi yang harmonis dengan Pemprov DKI,” tandasnya. (Wandi/win)