Saturday, 17 November 2018

Empat Situ di Depok Disulap jadi Tempat Wisata

Minggu, 22 Januari 2017 — 10:47 WIB
Salah satu tempat ekowisata air di Situ Cilodong Kota Depok. (anton)

Salah satu tempat ekowisata air di Situ Cilodong Kota Depok. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Warga mendukung upaya Pemkot Kota Depok menaya situ dan dijadikan tempat wisata air dan kuliner. Namun, mereka meminta jajaran Dinas Pemuda, Olahraga dan Pengembangan Kepariwisataan melakukan survei agar tak mubazir.

“Jangan nanti setelah didikerjakan untuk tempat wisata air malah tak ada warga yang datang,” ujar Ny. Risman, warga Cilodong, Depok, Sabtu (21/1).

Diakuinya, empat di Depok direncanakan sebagai tempat wisata air. “Kondisi jalan masuk ke pintu wisata masih terlalu kecil perlu diperlebar dan sarana parkir belum siap betul,” tuturnya.

Wahyu, warga Sidamukti, mengaku kondisi pinggir situ yang telah diturap memang selama ini menjadi salah satu rekreasi warga sekitar untuk bersantai dan memancing saat hari libur. “Kami mendukung asalkan ada perencanaan yang matang sehingga nantinya tak mubazir,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok Agus Suherman , mengakui bahwa jajaranya merencanakan empat dari 23 situ di Kota Depok bakal dijadikan ekowisata baru dilengkapi sarana dan parsarana lainnya.

Ke empat situ tersebut Situ Sidamukti, Cilangkap, Pengasinan dan Cilodong bakal direnivasi dan direhab. Tak hanya itu tapi sekitar lokasi juga akan dibangun pendopo serta sarana maupun prasaran seperti panggung untuk menampilkan berbagai kegiatan kesenian termasuk kebudayaan yang ada di Kota Depok untuk pengunjung.

“Ya seperti di Situ Babakan, Jagakarsa selain mempertahankan keasrian lingkungan dan rumah bergaya Betawi tentunya disiapkan juga pendopo serta panggung kesenian,” tuturnya. (anton)