Monday, 12 November 2018

Diperiksa 4 Jam, Habib Rizieq Diminta Menjawab 23 Pertanyaan

Senin, 23 Januari 2017 — 18:00 WIB
Habib Rizieq

Habib Rizieq

JAKARTA (Pos Kota) – Sekitar empat jam diperiksa, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengajukan 23 pertanyaan kepada Habib Rizieq. Hal itu terkait sistem pengamanan uang kertas rupiah baru atau retoverso yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), yang dianggap Imam Besar FPI itu mirip logo palu arit milik PKI.

“Jadi menurut Bank Indonesia (BI), teknologi pengamanan uang kertas dari pemalsuan dengan menggunakan metode rectoverso,” kata Rizieq usai menjalani pemeriksaan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Senin (23/1/2017).

Menurutnya, sebelum menentukan pengamanan uang kertas menggunakan rectoverso, Bank Indonesia sebenarnya memiliki ribuan bahkan jutaan alternatif bentuk yang bisa dipakai. Dia membawa beberapa contoh gambar yang kemudian ditunjukkan kepada awak media.

“Kenapa Bank Indonesia memilih rectoverso dengan bentuk ini, ini bentuk mirip palu arit. Ini yang kita protes,” ujarnya.

Rizieq juga membantah telah melakukan fitnah. Ia mengaku apa yang disampaikan merupakan kritik terhadap pemerintah.

“Makanya saya diperiksa untuk memberikan keterangan. Saya tidak memfitnah, saya tidak menuduh. Saya berikan semua uang kertas cetakannya dan kita buktikan,” ucap Rizieq.

Untuk itu, dia meminta pemerintah memberikan penjelasan kenapa ada ribuan bahkan jutaan alternatif dari bentuk rectoverso tapi yang dipilih justru gambar yang memberikan persepsi mirip logo palu arit. “Ini kan membahayakan,” ujarnya.

Rizieq diperiksa sebagai saksi terlapor atas tuduhan hate speech atau ujaran kebencian, hal tersebut karena dia mengomentari uang kertas yang baru keluaran BI. Ia menilai dalam uang tersebut terdapat logo yang mirip palu arit. Pernyataan Rizieq tersebut diungkapkan saat ceramah yang diunggah oleh akun resmi FPI, yakni FPI TV. (yendhi/yp)