Friday, 16 November 2018

Habib Rizieq Dicecar Soal Akun FPI TV

Senin, 23 Januari 2017 — 15:11 WIB
Habib Rizieq Sihab. (toga)

Habib Rizieq Sihab. (toga)

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penyidik langsung melakukan pemeriksaan terhadap pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Sihab, pertanyaan pertama yang dilontarkan yakni seputar data diri Rizieq.

“Pertama, petanyaan berkaitan identitas, kemudian kesediaan untuk diperiksa, dan ketiga berkaitan keberadaan FPI TV dipertanyakan juga kepada saksi (Rizieq),” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin, (23/1/2017).

Penyidik juga memutarkan video penggalan ceramah Rizieq yang menyatakan ada palu arit dalam uang kertas rupiah yang baru. Kali ini penyidik menegaskan apakah suara yang ada dalam video tersebut merupakan suara dirinya atau bukan.

Selain itu, ditanyakan juga terkait pengelola akun FPI TV yang telah mengunggah video tersebut terebut ke akun Youtube. Rencananya, penyidik juga akan memeriksa pengelola akun tersebut. “Untuk dugaan (pidana) ada di UU ITE tentang penguploadan di youtube itu,” katanya.

(Baca: Saat Demo Massa Habib Rizieq, Pria Tertabrak Busway Masih Kritis)

Meskipun dalam kasus ini kepolisian telah meningkatkan status menjadi penyidikan. Namun, Polisi belum menetapkan tersangka.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut belum bisa memastikan apakah nantinya Rizieq atau pengelola akun FPI TV yang akan dijadikan tersangka dalam kasus ini.

“Itu nanti pengembangan penyidikan, kita belum selesai pemeriksaan,” pungkas Argo.

(yendhi/sir)