Wednesday, 22 November 2017

Tim Surveyor Akreditasi Kunjungi Puskesmas Cipayung

Senin, 23 Januari 2017 — 19:49 WIB
Tim akreditasi Puskesmas DKI kunjungi Puskesmas Cipayung. (Ist)

Tim akreditasi Puskesmas DKI kunjungi Puskesmas Cipayung. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota)- Tim surveyor akreditasi Puskesmas Dinas Kesehatan DKI Jakarta kunjungi Puskesmas Cipayung, Jakarta Timur. Tim yang dipimpin dr Ganda Raja PS, MKM ini diterima langsung oleh Wakil Walikota Jakarta Timur M. Anwar.]

“Selama 3 hari berturut-turut tim akan menilai berbagai program yang dilakukan oleh Puskesmas Cipayung terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata M Anwar didampingi  Kepala Puskesmas Cipayung Sunersi Handayani, Senin (23/1).

Kegiatan penilaian diawali dengan Opening Meeting Survei Akreditasi. Pada tahapan ini tim surveyor mendengar penjelasan terkait program-program unggulan Puskesmas Cipayung. Di antaranya adalah  Pusat Pemulihan Gizi Buruk Anak.

Anwar mengatakan program unggulan Pusat Pemulihan Gizi Buruk anak baru ada di Puskesmas Cipayung.   Bahkan boleh dibilang ini satu-satunya Puskesmas di Jaktim yang menangani kasus gizi buruk pada anak secara paripurna.

“Di tempat ini anak yang menderita gizi buruk diberikan pelayanan yang baik sehingga gizi anak meningkat lebih baik, dan baru ada di Puskesmas Kecamatan Cipayung dan hanya satu-satunya di Jakarta Timur,” ujarnya.

Menurut Anwar, pemerintah Provinsi DKI mendukung penuh peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, salah satunya melalui akreditasi Puskesmas. Dukungan diberikan dalam bentuk pembangunan Puskesmas, peningkatan fasilitas, pemenuhan atau pengadaan obat melalui ekatalog dan peningkatan kompetensi petugas melalui pendidikan lanjutan.

Sementara itu Kepala Puskesmas Cipayung Sunersi Handayani berharap, dengan diadakannya uji akreditasi ini akan semakin memotivasi seluruh tenaga medis dan karyawan di Puskesmas Kecamatan Cipayung dalam bekerja.

Ketua tim surveior, dr. Ganda Raja P.S, MKM ini, mengatakan, berdasarkan dari paparan Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung, sudah sangat baik.

Namun pihaknya akan menggali lebih dalam lagi mengenai program-program yang ada di Puskesmas Kecamatan Cipayung dan kondisi di lapangan. Selain pelayanan, fasilitas pendukung, dan peralatan yang ada juga akan dinilai oleh tim surveior.  (inung/win)