Wednesday, 18 October 2017

Hadapi Southampton, Klopp Bangkitkan Percaya Diri Pemain Liverpool

Rabu, 25 Januari 2017 — 6:10 WIB
Jurgen Klopp pelatih Liverpool (reuters)

Jurgen Klopp pelatih Liverpool (reuters)

INGGRIS – Setelah takluk 0-1 pada leg pertama di kandang Southampton, ‘Si Merah’ Liverpool siap membalikkan keadaan untuk memastikan tempat ke partai final Piala Liga atau Capital One pada leg kedua fase semifinal di Andield, Kamis (26/1) dinihari WIB. Namun lebih dari sekadar tiket ke partai final, laga ini juga jadi ujian bagi skuad asuhan Jurgen Klopp untuk mengakhiri inkonsistensi mereka, awal tahun ini.

Sejak mengalahkan Manchester City 1-0 di Liga Primer Inggris, akhir tahun 2016 lalu, Liverpool hanya mampu meraih satu kemenangan dalam enam laga di berbagai kompetisi.

Sagu-satunya kemenangan itu bahkan diraih dari tim sekelas Plymouth Argyle (1-0) pada laga ulang putaran ketiga Piala FA, 18 Januari lalu. Liverpool harus melakoni laga ulang setelah bermain imbang tanpa gol di Anfield. Sedangkan empat laga sisanya diselesaikan skuad Klopp dengan hasil imbang melawan Sunderland (2-2) dan Manchester United (1-1). Kemudian dua kali kalah, yakni melawan Southampton (0-1) di Piala Liga dan Swansea City (2-3) di Liga Primer.

Melihat catatan tersebut jelas bukan hal yang menyenangkan bagi Klopp. Tidak heran jika ia langsung menggelar pertemuan tertutup dengan pemain jelang menjamu Southampton. “Kita telah menjalani periode yang sulit setelah natal dan tahun baru. Namun sebelum melawan Southampton, kita harus menanamkan keyakinan dalam diri semua orang bahwa kita bisa bangkit dan kembali ke jalur di mana kami seharusnya berada. Kita adalah Liverpool, tim yang selalu memainkan sepakbola yang bagus dan kami harus membuktikan itu,” tegas pelatih asal Jerman tersebut, seperti dikutip The Guardian.

PERCAYA DIRI

Klopp memang harus bisa menanamkan rasa percaya diri kepada setiap pemainnnya. Apalagi Southampton datang dengan rasa percaya diri yang tinggi setelah mengalahkan Liverpool 1-0 pada leg pertama. Apalagi Southampton sudah mulai menemukan performa terbaik mereka di bawah asuhan Claude Puel dalam beberapa pekan terakhir.

Hal itu ditunjukkan dengan sukses mereka memetik dua kemenangan beruntun di Liga Primer dengan mengalahkan Norwich City (1-0) dan Leicester City (3-0). “Ini modal yang luar biasa bagi para pemain dan seluruh pendukung kami dan kami siap melanjutkannya di Liverpool,” tandas Puel menanggapi performa anak-anak asuhnya.

Sedangkan dari kubu Southampton, Puel tidak bisa menurunkan bek Virgil van Dijk, akibat cedera. Mereka juga tidak memiliki stok pemain bertahan yang berpengalaman karena Jose Fonte yang merupakan kapten tim sudah hengkang ke West Ham United. Satu-satunya opsi yang bisa dipakai Puel adalah dengan memberikan kesempatan kepada pemain mudanya Jack Stephens untuk berduet dengan Maya Yoshida. Dalam lawatan terakhir ke Anfield, Southampton sukses menahan Liverpool 1-1 pada Oktober 2015 lalu. Pemenang dalam duel ini, akan bertemu oemenang antara MU kontra Hull City. (junius)