Wednesday, 26 September 2018

Gotong Royong Itu Indah!

Jumat, 27 Januari 2017 — 5:55 WIB
nyolong

APAKAH masih ada gotong royong yang dilakukan warga di jaman serba sibuk sekarang ini? O, masih dong. Lihat saja di kampung-kampung. Orang bikin rumah sebagian dilakukan dengan gotong royong. Misalnya, mengecor , naik genteng atau atap dikerjakan oleh warga secaa beramai-ramai. Dan asal tahu saja, si pemilik rumah hanya menyediakan makan dan minum saja. Sementara ongkos nggak usah dipikir.

Kegaiatan semacam ini akan terus berlangsung, warga sudah mengerti dan paham, kalau salah satu dari mereka bikin rumah atau punya hajat, maka secara otomatis gotong royong akan terbentuk.

Apakah di kota-kota besar seperti di Jabodetabek masih ada? Ya, ada juga dong. Walau pun barangkali tidak seperti di daerah. Gotong royong dilakukan orang dalam bentuk kegiatan sosial. Bahwa masyarakat, yang tinggal di lingkungan, ketika ada musibah, hajatan, kerja bakti bersihlakn lingkungan, semua dilakukan dengan gotong royong. Pokoknya, gotong royong itu indah!

Semangat gotong royong memang harus selalu dilestarikan, ya Bung. Ya, gotong royong dalam kebaikan, membantu sesama. Misalnya ada yang miskin perlu bantuan, ya bantu secara gotong royong. Coba ramai-amai kumpulkan bantuan uang dan tenaga. Berikan semangat hidup pada si miskin, ajari bagaimana caranya mencari nafkah dengan baik, berdagang atau apa saja. Jadikan mereka manusia yang mandiri. Jangan jadi orang yang selalu menerima saja.

Tapi gotong royong nggak boleh dilakukan dalam kejahatan, ya? Seperti gerombolan perampok, geng motor, begal, dan korupsi. Nih, yang terakhir, yang namanya KKN sangat berbahaya. Gawat, Negara bisa miskin kalau digeragoti secara gotong royong! –massoes