Wednesday, 21 November 2018

Susan Bachtiar Ajarkan Anak Jaga Tradisi Imlek

Jumat, 27 Januari 2017 — 14:09 WIB
Susan Bachtiar. (Instagram @sbachtiar)

Susan Bachtiar. (Instagram @sbachtiar)

JAKARTA (Pos Kota) – Setiap tahunnya, aktris yang juga presenter Susan Bachtiar punya tradisi yang dilakukan menjelang perayaan Tahun Baru China alias Imlek. Tak ingin tradisi keluarga hilang, Susan pun mulai mengajarkan putra semata wayangnya, Tristan van Tongeren, untuk ikut terlibat dalam beberapa kegiatan keagamaan.

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan sebelum hari H adalah berdoa untuk nenek moyang.  Dalam sebuah video yang diunggahnya di akun media sosial Instagram, Susan memperlihatkan  Tristan yang berusia empat tahun yang dipandu sang ayah, Roger van Tongeren, membimbing buah hatinya berdoa.

Our tradition before Chinese New Year is praying for our ancestors. Yesterday was Baby T’s first praying and following family’s tradition. (Tradisi kami sebelum Tahun Baru China adalah berdoa untuk nnek moyang. Kemarin adalah pertama kalinya Baby ‘T’ berdoa dan mengikuti tradisi keluarga.),” tulis Susan sebagai caption.

 

Susan sebenarnya baru merayakan Imlek sesudah ia menikah. Pemain film Perempuan Punya Cerita ini pernah mengatakan, jika ayahnya tak pernah mengajarkan tentang perayaan Tahun Baru China. “Dari kecil memang tidak ada tradisi Imlek di keluarga saya. Hanya, setiap malam Imlek ayah berdoa, tapi dia tidak mengajarkan kepada kami. Yang saya tahu tahun baru cuma 1 Januari,” ujarnya kala itu. (embun)