Tuesday, 25 July 2017

4 Oknum Dishub Kena OTT, Bupati Apresiasi Tim Saber Pungli

Minggu, 29 Januari 2017 — 8:45 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

PURWAKARTA (Pos Kota) – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengapresiasi kerja cepat Tim Saber Pungli yang melakukan OTT (operasi tangkap tangan) di Dinas Perhubungan.

Pada OTT itu, tim saber pungli meringkus empat orang terdiri PNS, THL dan petugas Organda. Keempat oknum tersebut yakni DS, 46, DM, 45, DM, 57 dan IN, 37. Keempatnya langsung digiring ke Mapolres Purwakarta untuk diproses secara hukum.

“Tim Saber Pungli telah bekerja secara cepat dengan menciduk empat oknum PNS di lingkungan Dishub. Ini bertujuan agar pelayanan pemerintah kepada masyarakat berlangsung baik,” puji Dedi, Minggu (29/1/2017).

Meskipun barang bukti uang pungli yang ditemukan tidak seberapa, yakni hanya sebesar Rp300 ribu, namun Dedi menyebutkan, hal itu tidak mencerminkan prilaku yang baik sebagai penyelenggara negara.

“Meskipun cuma Rp300 ribu, pungli tetap pungli. Ini pelanggaran hukum. Saya kira peristiwa ini harus menjadi pelajaran bagi pegawai lain agar tidak tergoda untuk melakukan pungli. Fokus saja terhadap pelayanan masyarakat,” pesan Dedi.

Selain uang Rp 300 ribu, barang bukti lainnya yang disita tim saber pungli antara lain 1 buku rekap pengujian kendaraan baru, 1 buku pendaftaran kendaraan yang diuji, 18 berkas permohonan uji KIR tanpa diuji, 28 berkas permohonan uji KIR yang diuji dan uang tunai sebesar Rp1,67 Juta sebagai penerimaan retribusi.

PR besar lainnya, Dedi meminta tim saber pungli menyikat habis praktek pungli yang menjerat para calon tenaga kerja (calnaker) diwilayahnya. “Itu PR (pekerjaan rumah) lain untuk tim saber pungli. Membersihkan praktek pungli saat rekrutmen calnaker,” pungkasnya.

(dadan/sir)