Tuesday, 25 September 2018

Setu Pengasinan, Sawangan Siap Jadi Tempat Wisata

Minggu, 29 Januari 2017 — 13:38 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris saat berkeliling sekitar Setu
Pengasinan, Sawangan. (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris saat berkeliling sekitar Setu Pengasinan, Sawangan. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Keberadaan resapan air atau setu di Kota Depok memang menjadi salah satu perhatian serius Pemkot setempat untuk melakukan penataan dan pengelolaan termasuk dijadikan salah satu
tempat wisata warga.

Dari 23 setu yang ada sekitar empat setu yang bakal ditangani untuk wisata, rekreasi, santai dan lainnya.

Keempat setu yang menjadi perhatian serius ditangani antara lain Setu Cilodong, Setu Sidamukti, Setu Cilangkap dan Setu Pengasinan kini tengah dalam penjajakan dan evaluasi sehingga nantinya bakal direnovasi, kata Walikota Depok, Muhammad Idris, saat meninjau Setu Pengasinan, Minggu (29/1/2017).

Kondisi Setu Pengasinan, Kecamatan Sawangan sendiri sudah cukup baik karena masih terjaga keasrian dan kondisi wilayahnya. Penangganan setu memang menjadi salah satu program pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) tapi pengawasan dan pemeliharaan tentunya menjadi tugas wilayah.

Pemanfaatan setu yang ada di Kota Depok tentunya tak hanya untuk resapan atau kantong air saja namun lebih dari itu dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi, wisata air, santai, olahraga dan lainnya, katanya.

“Untuk mewujudkan kawasan wisata air yaitu Setu Pengasinan tentunya memerlukan perhatian semua pihak tak terkecuali warga sekitar agar tetap menjaga kebersihan serta merawat kondisi tanaman atau pohon yang ada,” ujarnya yang mengaku tentunya pemkot Depok juga akan berupaya menambah sarana maupun prasaran lain seperti jalan masuk menuju kawasan setu serta lainnya.
(anton/sir)