Wednesday, 26 September 2018

Patrialis Akbar Terima Pengunduran Diri

Senin, 30 Januari 2017 — 21:12 WIB
Patrialis Akbar

Patrialis Akbar

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua MK (Mahkamah Konstitusi), Arief Hidayat, telah menerima surat pengunduran diri Patrialis Akbar sebagai hakim MK.

“Kita baru saja menerima surat tulis tangan dari Pak Patrialis Akbar. Beliau mengatakan mengundurkan diri sebagai hakim konstitusi,” kata Arief dalam keterangan pers bersama DPR di Gedung MK, Jakarta, Senin (30/1/2017).

Namun demikian, Arief menjelaskan dengan pengunduran diri bukan berarti Majelis Kehormatan MK (MKMK) tidak jadi digelar. “Masih tetap digelar. Hanya prosesnya jadi cepat karena beliau sudah mengundurkan diri,” katanya.

Walau begitu, Arief mengakui dengan surat pengunduran diri, maka dalam proses pergantian hakim konstitusi dapat dilakukan dengan cepat.
“Jadi, dalam waktu dekat kita bisa kirim surat secepatnya kepada presiden untuk melakukan pengisian jabatan,” katanya.

Tulisan tangan Patrialis ditulis dalam penjara, menyusul penangkapan oleh KPK terkait suap, dalam uji materi UU Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kunjungan Komisi III DPR ke MK, dipimpin oleh Wakil Ketua MK Benny K. Harman. Hal ini terkait empat ahenda. Salah satunya penjelasan terkait penangkapan Patrialis oleh KPK. (ahi/yp)