Wednesday, 13 December 2017

Pesawat Tergelincir Evakuasi Lama Ratusan Penerbangan Batal

Kamis, 2 Februari 2017 — 20:40 WIB
Pesawat Garuda GA-258 yang tergelincir saat dievakuasi (ist)

Pesawat Garuda GA-258 yang tergelincir saat dievakuasi (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Buntut dari tergelincirnya pesawat Garuda Indonesia GA- 258 pada Rabu 1 Februari 2017 malam, sekitar 105 penerbangan dari dan menuju Bandara Adisutjipto Yogyakarta dibatalkan. Tiga penerbangan kembali ke tempat asal dan 80 penerbangan dialihkan ke Bandara Adi Sumarmo solo.

Direktur Operational AP 1 Wendo Asrul Rose , Kamis (2/2) menyebutkan malam hari pesawat cancel 23 flight. Hari kamis hingga siang 82 flight dan pesawat RBT (retun to base) tiga flight, serta divert (dialihkan) empat flight.

garuda1(dwi)

Banyaknya penundaan penerbangan itu karena lamanya evakuasi pesawat Garuda GA-258 yang tergelincir di Bandara Adi sucipto. Dampaknya ribuan penumpang yang hendak terbang dari dan menuju Adisutjipto terpaksa menjadwal ulang penerbangan.

(Baca: Pesawat Tergelincir, Garuda Tujuan Yogya Dialihkan ke Solo)

Wendo menambahkan jumlah yang terdampak pada Rabu malam ada 2.048 penumpang dan hingga Kamis siang diperkirakan mencapai 10 ribuan. “Evakuasi dilakukan dengan alat dongkrak udara yang disebut salvage. Alat ini didatangkan dari Surabaya,” ujar Wendo

Angkasa Pura menyiapkan puluhan bus untuk mengantar penumpang dari dan menuju Bandara Adisucipto ke bandara Adi Sumarmo. Namun tidak semua penumpang mau diangkut tidak sedikit bertahan tidur di Bandara Adi Sucipto. (dwi/us)