Thursday, 21 September 2017

Timses Anies Sandiaga Laporkan Dukcapil ke KIP Jakarta

Jumat, 3 Februari 2017 — 19:42 WIB
timses

JAKARTA (Pos Kota) – Tim Pemenangan pasangan calon gubernur DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, mendatangi Kantor Komisi Informasi Publik (KIP) Jakarta, di Jalan Kramat Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2017). Mereka melaporkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI, terkait data surat keterangan.

Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pengamanan Anies-Sandiaga, Yupen Hadi, mengatakan kedatangannya ke KIP Jakarta untuk mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi data surat keterangan (suket) yang diterbitkan Dukcapil DKI. “Karena sudah dua kali kami kirimkan surat Dukcapil tak juga menyerahkan data suket, baik kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI maupun timses kandidat,” katanya, Jumat (3/2/2017).

Menurutnya, dalam surat yang terakhir dikirim pada 30 Januari 2017, dijelaskan selambat-lambatnya data suket yang memuat nama dan alamat penerima diserahkan Rabu (1/2/2017). “Namun, sampai saat ini, suket itu tidak juga diberikan, makanya kami mengadukannya ke KIP Jakarta,” ujar Yupen.

Langkah pelaporan ini, kata Yupen, karena selama ini ia sangat menyoroti masalah ini. Pasalnya, saat pilkada 15 Februari 2017, pemilih yang memiliki surat keterangan disamakan posisinya dengan yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Tapi, yang resmi diterima kami hingga kini baru DPT,” ungkapnya.

Padahal, lanjut Yupen, di TPS nanti seluruh warga yang berhak memilih namanya diumumkan. Karena derajatnya sama dengan DPT, seharusnya data suket juga harus dipublikasikan jauh-jauh hari sebelumnya. “Jika Dukcapil tak kunjung membuka data riil suket, masalah ini bakal menggelinding liar dikemudian hari,” katanya.

Yupen menambahkan, .uara dari ditutup-tutupinya data suket adalah kecurangan. Harapan untuk melaksanakan pilkada DKI yang jujur dan adil, dikhawatirkan cuma jadi slogan.

“Kami berharap, KIP segera memproses permohonan tersebut sebelum pemungutan suara digelar,” tukasnya. (ifand/yp)