Thursday, 16 August 2018

Seniman Diminta Tak Golput pada Pilkada DKI

Minggu, 5 Februari 2017 — 17:24 WIB
Pentas drama turut memeriahkan acara silaturahmi KPU Jakpus dengan komunitas seniman TIM. (joko)

Pentas drama turut memeriahkan acara silaturahmi KPU Jakpus dengan komunitas seniman TIM. (joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Petugas KPU Jakarta Pusat menggelar pertemuan dengan komunitas seni yang bermarkas di Taman Ismail Marzuki (TIM). Tujuannya, meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam pelaksanaan Pilkada DKI, sekaligus memberantas kegiatan politik uang.

Pertemuan yang diikuti 150-an seniman berlangsung di pelataran TIM, Jl Raya Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2017). “Pertemuan ini untuk menggugah semangat para seniman untuk menggunakan hak pilih pada tanggal 15 Februari nanti. Sekaligus mengimbau para seniman untuk memasyarakatkan Pilkada DKI kepada komunitasnya,” ujar Ketua KPU Jakarta Pusat, Arief Bawono.

Menurutnya, KPU Jakpus akan terus berupaya menggalang berbagai elemen masyarakat agar tidak golput. “Sebab pada Pilkada DKI periode 2012, partisipasi pemilih di Jakarta Pusat hanya sekitar 62 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). Target kami pada periode ini sebesar 77 persen,” kata Arief pada acara yang dimeriahkan pentas drama oleh para seniman.

Selain mengimbau seniman untuk menggunakan hak pilih sekaligus memasyarakatkan pilkada kepada komunitas mereka, Arief juga meminta komunitas seni untuk mengawasi aksi politik uang. “Mereka agar turut mengawasi kegiatan money politic yang merupakan tindakan pelanggaran dalam demokrasi politik,” tambahnya. (joko/yp)