Thursday, 19 September 2019

KY: Penguatan Lembaga Penegak Hukum Dimulai dari Internal

Senin, 6 Februari 2017 — 20:38 WIB
Komisi Yudisial

Komisi Yudisial

JAKARTA (Pos Kota)  – Komisi Yudisial (KY)  mengingatkan kemauan kuat untuk memperbaiki internal lembaga penegak hukum adalah perbaikan besar pada sebuah lembaga.  Kesadaran itu tentulah datangnya dari internal.

“Kemauan dan kesadaran untuk memperbaiki lembaga harus datang dari internalnya, karens tanpa itu, maka es spirit de corps yang tidak diletakkan pada tempatnya, maka terus akan jadi penghalang,” kata Juru bicara KY Farid Wajdi,  di Jakarta,  Senin (6/2)

Paska ditunjuknya Setyo Pudjoharsoyo sebagai Sekretaris MA,  Farid juga mengingatkan hal lain yang diperlukan guna perbaikan sebuah lembaga,  adalah pelaku perubahan yang bebas dari segala beban.

“Ibaratnya kalau mau bersih-bersih mestinya sapunya juga harus bersih. Bagaimana mungkin jika mau bersih-bersih,  tapi sapunya kotor. Pelaku perubahan harus dimulai dari orang yang benar-benar telah selesai dengan dirinya dan tidak memiliki beban apapun,” ujarnya sembari memberi selamat atas nama institusi kepada Setyo.

Selain itu,  tambah Farid adalah transpasaran atas semua aspek. “Apapun pembaruan yang dilakukan hendaknya hal tersebut juga linier dengan penegakan integritas. Bukan justru sebaliknya, pembaruan jalan tapi korupsi pun jalan terus,”  katanya. (ahi/win)