Tuesday, 17 September 2019

Banjir di Enam Kecamatan Lebak Mulai Surut

Kamis, 9 Februari 2017 — 21:42 WIB
Banjir Lebak rendam enam kecamatan

Banjir Lebak rendam enam kecamatan

LEBAK (Pos Kota) – Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten terendam banjir. Enam kecamatan tersebut Leuwidamar, Gunung Kencana, Cijaku, Banjarsari, Bayah dan Cigemblong.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi menyebutkan ketinggian air bervariasi di tiap daerah. Mulai dari ketinggia 30 senti meter hingga 1,5 meter.

Dua daerah yang terkena banjir cukup parah adalah Kecamatan Leuwidamar dan Kecamatan Banjarsari. Di Kecamatan Leuwidamar 120 rumah terendam air, sementara di Kecamatan Banjarsari 440 kepala keluarga harus mengungsi.

“Total rumah yang terendam banjir mencapai 600 rumah,” kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, Kamis (9/2).

Kendati demikian, Kaprawi menjelaskan banjir mulai surut di beberapa wilayah karena umumnya terjadi dari luapan sungai.

“Air dari sungai yang ada di sana meluap seperti Sungai Cisimeut, Cilaki, Ciliman dan Cimoyan. Saat ini masih hujan di sini,” tuturnya.

Pihaknya mengaku telah menerjunkan anggota sebanyak 50 orang yang disebar ke semua kecamatan. Belum lagi bantuan dari pihak TNI dan Polri.

“Saya juga sudah meminta Camat untuk mengerahkan warga bersama-sama membantu korban banjir,” tambahnya.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, lanjut Kaprawi, telah menginstruksikan agar melakukan upaya tanggap bencana untuk menghindari korban jiwa. “Sudah ada instruksi agar melakukan upaya penyelamatan secara maksimal,” imbuhnya.

Selain itu bantuan kebutuhan dasar masyarakat serta obat-obatan menurut dia siap disalurkan ke masyarakat. Tidak ada korban jiwa dalan musibah ini. Kerugian materi warga diperkirakan hingga ratusan juta rupiah. (haryono)