Tuesday, 25 September 2018

Kelurahan Semper Timur Gelar Ronda Malam Sampah

Minggu, 12 Februari 2017 — 7:58 WIB
Lurah bersama dengan petugas PPSU saat melakukan roda pembuang sampah sembarangan. (wandi)

Lurah bersama dengan petugas PPSU saat melakukan roda pembuang sampah sembarangan. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) –Berbagai cara dilakukan oleh aparat menciptakan lingkungan yang bersih. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pihak Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara menggelar ronda malam antisipasi buang sampah sembarangan.

Lurah Semper Timur, Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo, mengakui pihaknya menggiatkan ronda malam bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Dalam kegiatan ini pihaknya selain melibatkan petugas Penangan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU), RT/RW juga masyarakat sekitar. Hal ini dilakukan karena selama ini di wilayahnya masih banyak masyarakat dengan seenaknya membuang sampah sembarangan.

“Kami berharap dengan ronda malam bersama aparat ini akan dapat menekan angka warga yang melakukan pembuangan sampah sembarang. Meski hingga saat ini kami belum mengamankan warga, namun cara ini juga salah satu cara mendorong warga untuk peduli lingkungan,”terang Cahyo Hudoyo, Sabtu (11/2).

Dalam ronda ini pihaknya selain melibatkan warga masyarakat juga pengurus RT dan RW. Lokasi-lokasi yang selama ini digunakan untuk pembuang sampah ini menjadi target. Kegiatan ini dilakukan karena di wilayahnya yang merupakan daerah perbatasan antara Kalibaru, Cilincing dan Bekasi itu sangat rawan terjadi pembuangan sampah.

“Biasanya disepanjang jalan Cilincing Raya, ini merupakan lokasi yang digunakan warga membuang sampah sembarangan. Maka dari itu pihaknya sudah menempatkan anggota PPSU dan warga untuk melakukan pemantauan,”terangnya.

Operasi ini biasanya di mulai sekitar pukul 18.00 hingga jam 04.00 dinihari. Selain melakukan roda malam pembuang sampah, pihaknya juga melakukan aksi bersih-bersih. Ini dilakukan tujuannya agar tidak menganggu warga masyarakat yang melintas.

Kedepan lurah berharap kepada warga masyarakat jangan membuang sampah di jalan-jalan protokolnya maupun lokasi lainnya. Dengan cara ini tentu akan menciptakan wilayah yang bersih dan indah. (wandi)