Saturday, 21 July 2018

Ratusan Warga Miskin di Serpong dan Setu Serbu Dana PKH

Senin, 13 Februari 2017 — 15:24 WIB
ilustrasi penerima PKH

ilustrasi penerima PKH

TANGSEL (Pos Kota) –  Dana program keluraga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI sudah cair, ratusan warga di Kecamatan  Serpong dan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyerbu tempat pencairan di rumah singgah di Kelurahan Kademangan, Setu.

Pencairan tersebut dilakukan oleh  BNI Cabang BSD, Senin (13/2/2017). “Alhamdulillah… Lumayan bantuan untuk warga PKH sudah cair buat pegangan dan membeli kebutuhan sembako sehari-hari,” ujar Nyonya Jumiar, warga RW 010, Kel. Ciater, Setu, Senin (13/2).

Nenek empat cucu ini, mengaku gembira mendapatkan batuan yang dari pemerintah pusat terlebih belakangan ini harga kebutuhan pokok terus naik termasuk suran dan cabe. “Sudah ngak ada kerjaan eh harga-harga pada mahal,” tuturnya yang mengaku senang dapat uang Rp 300 ribu dan sisanya 25 ribu ditabung.

Hal senada dikatakan Nyonya Tuti, warga   Kademangan, yang mengaku tak maslah antre satu jam yang penting dana bantuan PKH dari pemerintah bisa diambil di di rumah Singgah yang dilakukan BNI cabang BSD. “Saya dapat Rp 325 ribu yang diambil Rp 300 ribu dan sisanya Rp 25 ribu untuk deposit tabungan agar tak kosong betul,” ujarnya.

Percontohan Penyaluran

Sekretaris Dinas Sosial Kota Tangsel, Maya Mardiana didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan jaminan Sosial di Dinas Sosial setempat, Salbini, mengatakan jumlah warga miskin yang menerima dana bantuan PKH di Kota Tangsel hingga akhir tahun 2016 tercatat 2.056 KPM dari sebelumnya mencapai 3.219 KPM.

Kegiatan penyerahan dana bantuan non tunai ini meupakan tahap 3 dan 4 untuk bulan Pebruari 2017 dan jumlah warga miskin di dua kecamatan yaitu Kecamatan Serpong dan Setu mencapai 1.368 warga, imbuhnya yang menambahkan penyaluran bantuan PKH di Tangsel menjadi salah satu percontohan dari 47 kota/kabupaten di Indonesia.

“Kami berharap dengan adanya penyaluran dana PKH ini warga miskin di Kota Tangsel terus berkurang dan bermanfaat bagi mereka yang menerima untuk memenuhi kebutuhan pangannya,” tuturnya yang menagku jumlah setiap penerima juga tak sama besarannya.

Sedangkan Pimpinan Bidang Pemsaran Bank BNI cabang BSD, Arief D, mengatakan penyaluran dana bantuan dari kementerian sosial mempergunakan kartu dan disalurkan secara non tunai menggunakan sistem perbankan untuk memudahkan kontrol, pemantauan, dan memenuhi syarat penyaluran yaitu tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah.

“Para penerima dana bansos PKH akan mendapatkan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga sekaligus berfungsi sebagai Kartu Debit ATM,” jelasnya sambil menambahkan untuk warga miskin di Kec. Serpong, Serpong Utara, Setu penyalur dana melalui bank BNI cabang BNI BSD sedangkan Kec. Pamulang dan sekitarnya melali BNI cabang Fatmawati. (Anton/win)