Monday, 19 November 2018

RPTRA Citra Permata Berkhas Betawi Siap Diresmikan

Senin, 13 Februari 2017 — 8:19 WIB
foto rptra-citrapermata.blogspot.com

foto rptra-citrapermata.blogspot.com

JAKARTA (Pos Kota)- Proses pembangunan Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata di Kelurahan Rawa Bunga Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur akhirnya rampung. Ruang publik yang akan menjadi wadah bagi masyarakat berkegiatan tersebut siap untuk diresmikan.

“RPTRA ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lapangan futsal, perpustakaan, ruang laktasi,ruang pusat informasi dan konseling, teater terbuka, hingga batu refleksi,” papar Lurah Rawa Bunga Agustinah saat tasyakuran RPTRA Citra Permata kemarin.

Hadir dalam tasyakuran tersebut antara lain Sekcam Jatinegara, Ketua TP PKK Jatinegara, Kanit Binmas Polsek, Binmaspol Rawabunga, Bainsa Rawa Bunga, Kasie Kesmas, dan lainnya.

Jika nanti RPTRA ini sudah diresmikan, maka selain warga bisa melakukan kegiatan, anak-anak juga tidak lagi main dipinggir jalan. Mereka bisa memanfaatkan ruang terbuka untuk bermain.

“Selama ini banyak anak pada main dipinggir jalan. Itu kan berbahaya. Bersyukur usulan saya mendapat respon yang baik dari Pemprov DKI Jakarta sehingga kini masyarakat punya arena bermain dan berolahraga,” lanjut Lurah.

RPTRA Citra Permata menonjolkan desain dan ornamen khas Betawi. Lurah ingin agar RPTRA Citra Permata bisa dijadikan sebagai pusat kearifan lokal dengan mengangkat budaya Betawi.

“Rawa Bunga budaya Betawinya masih kental. Nantiada kegiatan seni budaya seperti latihan menari, lenong, silat Betawi dan teater,” pungkas Lurah.

Saat ini bangunan RPTRA sudah selesai. Hanya menunggu beberapa properti seperti meja kursi, dan lampu penerangan lapangan futsal. Kamera CCTV bahkan sudah terpasang dilokasi. (inung)