Wednesday, 26 September 2018

Selama Enam Jam Habib Rizieq Dicecar 29 Pertanyaan

Senin, 13 Februari 2017 — 17:34 WIB
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (toga)

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (toga)

BANDUNG (Pos Kota) – Imam Besar FPI Habib Rizieq memenuhi undangan penyidik untuk menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Jabar, Senin (13/2). Habib Rizieq tiba di Polda Jabar pukul 09.00 didampingi tim kuasa hukumnya.

Sementara ribuan santri dan anggota FPI berkumpul di Pusdai Bandung sejak Subuh. Habib dalam pemeriksaan mendapat cecaran 29 pertanyaan dari penyidik. Selama enam jam Habib yang dinyatakan tersangka dalam kasus penodaan Pancasila menjawa pertanyaan tersebut dengan lancar.

“ Pemeriksaan berjalan lancar, kooperatif dan tidak ada penekanan. Pokoknya lancar,“ kata anggita kuasa hukum Sugito, kepada wartawan di Polda Jabar.

Menurutnya, dalam pemeriksaan habib lebih banyak ditanya seputar Pancasila baik dalam bentuk usulan Soekarno, Soepomo dam M Yamin.

“Pancasila yang diungkapkan Habib merupaklan hasil penelitiannya yang disajiklan daan bentuk karya ilmiah tesis. Tesis itu karya ilmiah yanh sudah diperdebatkan secara imiah. Tak ada masalah,“ katanya.

Menyinggung barang bukti berupa vedeo, Sugito mengungkapklan rekaman vedeo itu hanya berdurasi dua menit 13 detik. Vedeo yang pendek itu tentunya akan membuahkan multi tafsir. Idealnya, vedeo itu harus utuh biar apa yang diceramahkan bisa terserap dengan baik dan jelas.

Dari gedung Pusdai Jabar, di Jalan Diponogoro Kota Bandung ribuan santri dan anggota FPI masih bertahan. Mereka rela menunggu kehadiran Habib dari Polda Jabar. “Kami ada di Pusdai sejak subuh. Dan alkan membuabnrkan ketika Habib menutup dengan tausiah,“ kata Dedi, seorang anggota FPI. (Dono/win)