Tuesday, 23 May 2017

Sasar Rumah Kosong

Hanya Butuh 15 Menit Komplotan Ini Kuras Harta Korban

Jumat, 17 Februari 2017 — 19:45 WIB
Mobil yang digunakan mencuri disita polisi

Mobil yang digunakan mencuri disita polisi

JAKARTA (Pos Kota) – Tim Unit II Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya membekuk komplotan perampok sepesialis di rumah kosong (rumsong) atau rumah yang ditinggal penghuninya.

Komplotan ini sering beraksi di Wilayah Jakarta Barat. Mereka terkenal licin dan cepat saat melakukan aksi perampokan dengan hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menguras harta korban.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Aris Priyono mengatakan, saat beraksi kawanan ini yang berjumlah tiga orang yakni K (36), S alias A (33), dan J kini masih buron mempunyai peran yang berbeda-beda.

“Tersangka K menyiapkan sarana atau membawa mobil, mengawasi dari luar rumah yang menjadi target dan menjual barang hasil curian. Sedangkan tersangka S dan J sebagai eksekutor,” ujar Aris , Jumat, (17/2/2017).

Saat beraksi kawanan ini selalu mengincar rumah yang ditinggal pergi penghuni dengan cara acak atau rundom pada waktu siang hari. “Pelaku mengamati rumah yang tampak dari luar tidak berpenghuni dengan menggunakan mobil,” katanya.

Ketika menemukan sasaran, tersangka S turun dari mobil dan mengecek rumah untuk memastikan bahwa penghuni tidak ada di rumah, dengan cara memencet bel atau memukul-mukul gembok pintu gerbang. Namun, ketika ternyata ada pemilik rumah maka mereka akan berpura-pura menanyakan alamat.

“Setelah dianggap sepi tidak berpenghuni tersangka S dan J masuk ke rumah dengan cara merusak kunci gembok dan pintu rumah, dan menguras harta korban dengan mengambil barang yang mudah dibawa dan bernilai jual tinggi. Sedangkan tersangka K melakukan pengawasan dari dalam mobil,” papar Aris.

Dalam beraksi komplotan ini hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memindahkan harta dari dalam rumah kedalam mobil. Dan mengaku telah melakukan aksi selama tiga kali sejak Januari 2017 diantaranya Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat dan Kompleks THI Blok GG, Jelambar Baru, Jakarta Barat.

gitar

Gitar hasil curian disita polisi

Saat beraksi di Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat mereka membawa barang berupa gitar elektrik merk Godin berikut sofe casenya, satu electronic piano merk Roland RD 700 SX hitam, satu buah TV 42′ merk Samsung, satu iPad, perhiasan, dan uang dolar $ 1.000 USD. Sedangkan di Kompleks THI Blok GG, Jelambar Baru, mereka menggondol satu unit mobil Honda Freed, satu Laptop, satu unit TV, satu buah DVD, dan uang tunai Rp 10 juta. (Yendhi)