Thursday, 29 June 2017

Kapal Hantu Ditemukan di Batam

Jumat, 17 Februari 2017 — 20:22 WIB
kapal-tanker

JAKARTA (Pos Kota) – Kapal Patroli KN Rantos P210 milik PLP Tanjung Uban yang sedang patroli menemukan kapal tanker MT. Pisces berbendera Malaysia yang sedang berlabuh dekat lokasi rawan karena ada jaringan pipa gas bawah laut di Perairan Pulau Nongsa, Batam.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM membenarkan temuan tersebut. “Kapal yang ditemukan berjarak 400 meter dari posisi jaringan pipa gas bawah tanah, masuk wilayah daerah rawan berbahaya,” ujarnya, Jumat (17/2/2017).

Disebutkan kapal patroli itu mendapat laporan dari kapal pengawas pipa gas bawah laut CB Petir terkait dengan adanya kapal tanker yang berlabuh dan mencurigakan layaknya kapal hantu tanpa awak kapal satupun.

Saat dicek, kapal tanker MT Pisces berbendera Malaysia dengan berat 316 GT serta memiliki nomor IMO 8604242 tersebut ternyata dalam keadaan ditinggal begitu saja tanpa ada nakhoda atau satu orangpun anak buah kapal (ABK) .

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jonggung Sitorus menyebutkan kapal tanker tersebut diamankan karena sangat membahayakan alur pelayaran dan berlabuh di posisi yang rawan karena adanya jaringan pipa gas bawah laut.

Kini petugas tengah menelusuri mengapa kapal tanker tersebut berlabuh di lokasi rawan dan ditinggalkan oleh Nakhoda dan ABK nya. Kapal tersebut kini ditarik ke dermaga PLP Tanjung Uban. (dwi)