Friday, 18 August 2017

Ahok Yakin Jika Anies Jadi Gubernur Pasti Normalisasi Kali

Senin, 20 Februari 2017 — 19:00 WIB
Ahok tinjau banjir di Cipinang

Ahok tinjau banjir di Cipinang

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meyakini solusi satu-satunya menanggulangi banjir di Jakarta adalah normalisasi sungai. Dalam menormalisasi sungai, akan ada pemukiman warga yang terkena dampak pelebaran sungai itu.

Pria yang kerap disapa Ahok ini mengatakan siapapun gubernur yang menjabat akan melakukan hal yang sama dengan dirinya, yakni normalisasi sungai. Ia juga meyakini jika Anies Baswedan menjadi gubernur, juga akan melakukan hal yang sama.

“Nanti kalau misalnya nih, kalau Pak Anies diizinkan Tuhan jadi Gubernur DKI, kalau dia gak lakukan normalisasi seperti yang saya lakukan, bohong dia itu. Berani taruhan kita. Bener ga?” ujarnya dengan nada tinggi usai meninjau Sungai Ciliwung di Bukit Duri, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2017).

Mantan Bupati Belitung Timur ini menambahkan jika Anies tidak menormalisasi sungai-sungai di Jakarta, maka ia tidak bekerja. Menurut Ahok hanya ada dua pilihan, normalisasi sungai atau banjir tetap mengintai Jakarta.

“Ini kita ngomong sini dulu nih. Siapapun jadi Gubernur kalau dia gak lakukan normalisasi pasti dia gak kerja. Kamu pilih banjir atau normalisasi,” ujarnya

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menyanggah klaim Anies yang mengatakan bahwa penanganan banjir oleh Pemprov DKI Jakarta dinilai gagal. Menurutnya hal itu terlontar karena ada motif politik dari calon gubernur yang diusung Gerindra dan PKS itu.

Ahok menjelaskan dari 2000 titik banjir di Jakarta, saat ini tinggal 80 titik yang masih menjadi permasalahan banjir. Ini membuktikan penanganan banjir di Jakarta sudah baik.

“Ah gak usah ngomong lah, capek jadi (berbau) politik itu. Kamu ngerti matematik gak sih? Dari 2.000-an (titik banjir) jadi 400-an, dari 400 tinggal 80 titik. Kalo itu normalisasi gak bener apakah bisa turun tinggal 80?” jelasnya.

Selain meninjau Sungai Ciliwung yang menjadi penyebab banjir di wilayah Bukit Duri, Ahok melihat tempat penampungan yang biasa digunakan warga untuk mengungsi jika banjir melanda. Dalam tinjauan Ahok didampingi Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Teuku Iskandar. (ikbal)