Wednesday, 26 September 2018

Menteri Hanif ‘Diplomasi Kebun’ dengan Menaker Filipina

Senin, 20 Februari 2017 — 19:45 WIB
hanif

JAKARTA (Pos Kota) –  Menteri Tenaga Kerja M. Hanif Dhakiri melakukan ‘Diplomasi Kebun’ dalam kunjungannya kepada Menteri Tenaga Kerja Filipina, Silvestre Bello III,  di Davao, Filipina.

Dalam siaran pers Kemnaker disebutkan, diplomasi ini dengan harapan bisa melakukan kerja sama yang solid mengenai  perlindungan tenaga kerja migran di ASEAN dalam posisinya sebagai negara pengirim tenaga kerja migran.

‪”Indonesia dan Filipina merupakan negara pengirim tenaga kerja migran terbesar di ASEAN, kita akan selalu mengedepankan perlindungan tenaga kerja migran,” tegas Menaker Hanif,  dalam siaran persnya, Senin (20/2) . Pembicaraan Diplomasi kebun tersebut dilakukan  depan hotel Marcopolo, Davao, Filipina, menjelang  pembukaan ASEAN  Labor Retreat.

‪Menaker berharap Indonesia dan Filipina mempunyai kesepahaman dalam posisinya di ASEAN sekiranya bersama-sama dalam mengupayakan finalisasi ASEAN instrument on the Promotion and Protection of the Rights of Migrant workers menjadi dokumen yang mengikat.

“Kami berharap kerjasama antara Indonesia dan Filipina tidak hanya di dalam perlindungan tenaga keria migran di wilayah ASEAN,  tetapi dapat dilanjutkan dibidang lainnya seperti pelatihan vokasional,” jelas  Hanif.

‪Menaker Hanif bermaksud untuk melakukan kunjungan ke lembaga pelatihan pelatihan vokasional yang dimiliki Filipina TESDA (Technical Education and Skill Development Autority) di Manila pada esok hari. (Tri/win)