Sunday, 24 September 2017

Sidang Ahok, Rizieq Shihab jadi Saksi

Selasa, 21 Februari 2017 — 23:40 WIB
Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam sidang yang digelar PN Jakarta Utara. (pool)

Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam sidang yang digelar PN Jakarta Utara. (pool)

JAKARTA (Pos Kota) – Sidang kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama diakhiri dengan kesaksian ahli hukum pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakkir. Sidang yang menghadirkan tiga saksi ahli ini berlangsung selama hampir 14 jam.

Pukul 22:30, Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto menyatakan sidang ditunda hingga Selasa (27/2/2017) pekan depan. Agenda sidang masih akan mendengar saksi ahli dari Jaksa Penuntut Umum.

Dwiarso mengatakan pihak JPU diberi waktu maksimal dua kali sidang untuk menghadirkan saksi ahli yang menurut data masih terdapat lima saksi ahli. Dari lima saksi ahli tetsebut, terdapat nama Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

“Setelah majelis musyawarah, kesempatan penuntut umum dibatasi maksimal 2 kali persidangan untuk menghadirkan saksi ahli. Setelah itu kita kasih kesempatan penasihat hukum,” tandas Dwiarso.

Menanggapi permintaan majelis hakim, Ketua JPU Ali Mukartono mengatakan tidak keberatan dengan ketentuan tersebut. “Pada prinsipnya kami tidak keberatan yang mulia,” tegas Ali. (ikbal)