Friday, 23 August 2019

Pertama Bertemu Muka dengan Ahok, Ini Kata Habib Rizieq

Selasa, 28 Februari 2017 — 12:53 WIB
pool

pool

JAKARTA (Pos Kota) – Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi ahli agama Islam atas perkara dugaan penistaan agama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hadirnya Habib Rizieq dalam sidang ke-12 tersebut menjadi momen langka. Pasalnya, pertemuan ini merupakan yang pertama Rizieq dan Ahok meski keduanya kerap berselisih pendapat.

Menanggapi hal tersebut, Rizieq mengatakan bahwa tidak pernah ada urusan pribadi dengan Ahok. “Ini persoalan pidana antara Ahok dengan negara karena yang dilawan adalah undang-Undang, yang dilawan KUHP. Jadi jangan diplintir, saya tidak pernah punya urusan pribadi, saya datang sebagai saksi ahli, sekali lagi saksi ahli,” ujarnya usai memberikan kesaksian dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa, (28/2/2017).

Ia mengaku tidak pernah bertemu secara langsung dengan gubernur DKI Jakarta itu. Juga tidak pernah punya masalah secara pribadi.

“Saya tidak pernah berhadapan dengan Ahok. Selama ini saya tidak kenal Ahok, saya tidak punya hubungan, saya tidak pernah bertemu. Baru hari ini saya ketemu muka, saya tahunya dari media,” katanya.

Habib Rizieq kembali menegaskan, bahwa persoalan yang melilit Ahok bukan persoalan pribadi antara mereka berdua, juga bukan antara Ahok dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI). Melainkan urusan Ahok dengan hukum yang berlaku di Indonesia yang dianggap telah menodakan agama.

“Jadi siapapun yang melakukan penodaan agama, bukan Ahok saja, orang Islam sekalipun kalau melakukan penodaan agama, harus diproses karena mereka melanggar KUHP berhadapan dengan negara, oke ya,” pungkasnya. (yendhi/yp)