Thursday, 27 April 2017

Kawasaki Bertahan dengan Model Sport

Rabu, 1 Maret 2017 — 23:08 WIB
KawasakiJ-125

JAKARTA (Pos Kota) – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memilih tetap bertahan dengan model sport dan tak mau ikut memasarkan jenis skutik yang tercatat lagi booming untuk pemasaran motor di Tanah Air .

Deputy Head Sales and Promotion PT KMI, Michael Candra Tanadhi, menegaskan pihaknya sebenarnya punya peluang bermain di pasar skutik lewat produk mereka Kawasaki J-Series.

Tapi Kawasaki J-Series sangat tipis peluang masuk ke Indonesia. Ini akibat kapasitas mesin jenis ini dianggap tak akan mampu bersaing.

Kawasaki J-125 dinilai akan tenggelam bila dipaksakan, mengingat kompetitor sudah enjoy dengan kapasitas mesin 150 cc. Juga dengan J300, bakal ditinggal, karena harga yang bakal jauh lebih mahal karena regulasi PPnBM untuk motor-motor di atas 250 cc.

”Kami bukan spesialis untuk jenis Skutik. Kawasaki lebih enjoy untuk bermain di segmen sport. Jadi, KMI tidak memikirkan ke segmen jenis skutik,” kata Michael, kemarin.

STRATEGIS

Menurut Michael, pihaknya tak ingin strategis pasar mengikuti pabrikan lainnya. ”Sudah ada yang duluan dan sudah nyaman pasar dikuasasi oleh yang duluan tersebut. Kami lebih baik konsentrasi untuk jenis sport karena menang itu unggulan pemasaran kamim” jelas Michael.

Ditambahkanya, Kawasaki J-Series yang dipasarkan di Eropa adalah hasil kerjasama dengan Kymco. Pengalaman mencatat, sertelah kerjasama Kawasaki dan Bajaj, tak akan ada lagi produk hasil kolaborasi yang masuk. (prihandoko)